Inventarisir Bangunan Irigasi Rusak


Foto: Gusti/Pagaralam Pos RUSAK: Warga Alun Dua menunjukkan dinding irigasi nyaris roboh, kemarin.
Foto: Gusti/Pagaralam Pos RUSAK: Warga Alun Dua menunjukkan dinding irigasi nyaris roboh, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pagaralam, menginvetarisir bangunan irigasi yang rusak di Kota Pagaralam. “Saat ini inventarisir sarana pengairan untuk mengairi areal sawah petani masih dilakukan pendataan, khususnya bangunan yang rusak,” ungkap Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Hariyadi Razak, melalui Kabid Pengairan, Dodi ST, belum lama ini.

Ditambahkannya, kerusakan yang sifatnya mendesak atau sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pertanian, akan diupayakan segera dilakukan. “Kondisi rehab atau perbaikan infrastruktur pertanian yang ada di sejumlah kecamatan akan dilakukan bertahap. Mengingat kondisi kemampuan keuangan atau anggaran yang ada,” terangnya.

Salahsatu contohnya, bangunan irigasi rusak di saluran sekunder, terjadi di sejumlah dusun yang ada di Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan. Merupakan bangunan irigasi lama yang didanai provinsi. “Memerlukan anggaran tak sedikit. Akan diupayakan ke Provinsi ataupun Pusat,” katanya.

Sementara di lokasi terpisah, dinding irigasi di Dusun Baru, kelurahan Alun Dua, Kecamatan Pagaralam Utara terlihat retak dan nyaris Roboh. Asdindo (32), warga setempat mengatakan, bangunan irigasi ini sudah dibangun sejak 7 tahun lalu, tapi kini retak dan nyaris roboh. “Setiapkali hujan deras siring irigasi ini bisa meluber atau meluap. Selain itu kolam-kolam ikan (tebat, red) terendam. Peternak banyak merugi, lantaran ikan hanyut terbawa luapan banjir,” ucapnya. (06/CE-V)

Previous Pejabat Sepi Ngantor
Next Satu RT Masih ‘Terisolir’