Inisiasi Perda KKI *Pertama Dalam Sejarah DPRD Pagaralam


Abdul Fikri Yanto

PAGARALAM POS, Pagaralam- Fraksi PKS (F-PKS) DPRD Pagaralam akan menginiasi peraturan daerah (Perda) tentang ketahanan keluarga Indonesia (KKI). Ketua F-KS DPRD Pagaralam Abdul Fikri Yanto SThI MAg mengatakan, Perda KKI dibutuhkan. Sebab Perda ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan dalam masyarakat. “Sebuah negara yang kokoh dimulai dari keluarga yang kokoh pula,”ujarnya, dihubungi Pagaralam Pos kemarin (7/1).

Lebih lanjut Fikri mengatakan, inisiasi Perda KKI merupakan tindaklanjut dari salahsatu keputusan musyawarah daerah (Musda) ke-V PKS Pagaralam beberapa waktu lalu. Bahwa, F-PKS harus menginisasi Perda KKI untuk masuk dalam rancangan program Perda Kota Pagaralam. “Kita akan berupaya supaya 2022 nanti, Perda KKI sudah masuk pembahasan,”ucapnya. “Ini merupakan inisasi Pertama pertama dalam sejarah DPRD Pagaralam,”tambahnya. Selama ini inisiasi pembuatan Perda selalu datang dari Pemkot.

Fikri optimis Perda KKI tersebut akan gol. Dari sisi persyaratan, misalnya saja kajian akademik, Fikri mengatakan, sudah ada. Apalagi Fikri menambahkan, Perda KKI ini sejatinya adalah produk murni DPP PKS yang awalnya direncanakan menjadi undang-undang.

Lantaran tak gol di DPR RI, DPP PKS memutuskan menjadikannya sebagai bahan Perda yang harus diperjuangka di provinsi, dan kabupaten/kota. “Tinggal lagi sekarang kita akan berupaya menginternalisasi Perda ini di tubuh F-PKS dulu. Baru kemudian melakukan lobi-lobi ke fraksi lainnya,”tuturnya. Lobi-lobi dengan fraksi lain perlu dilakukan. Sebab pengambilan keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak.

Inisiasi Perda KKI merupakan salahsatu rencana F-PKS DPRD Pagaralam ke depan. Selain itu fraksi ini akan terus memberikan advokasi kepada masyarakat. Sesuai dengan fungsi yang melekat pada anggota DPRD. “Kita akan berupaya untuk terus memperjuangkan kepentingan rakyat,”pungkas Fikri. (pid11/Mg01)

Previous Hanya Kendaraan Ringan yang Boleh Lewat
Next Wacanakan Sekolah Demokrasi * Verdiansyah Jabat Sekretaris KPU Kota Pagaralam