Ini Pesan Dishub, Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PASANG STIKER: Kadishub Kota Pagaralam Paber Napitupulu pasang stiker angkutan Lebaran di Bus AKAP Pendopo – Pagaralam – Jakarta, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H semakin dekat, memberikan kenyamanan dan keamanan pun mutlak, bagi para penumpang kendaraan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pagaralam bersama Polres Pagaralam dan BNN Kota Pagaralam, melakukan pemeriksaan terhadap kelaiakan jalan angkutan penumpang dan barang.




Salahsatu lokasi pengecekan angkutan Lebaran ini, yakni Loket Sinar Dempo berlokasi di Gang Asam, Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan, petugas Dishub Kota Pagaralam secara rinci dan teliti, mengecek kondisi kendaraan mulai dari rem, klakson, kondisi ban hingga fasilitas penunjang kenyamanan angkutan.




“Dalam rangka persiapan angkutan Lebaran, jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, kita melaksanakan pemeriksaan wajib ram cek atau cek kelayakan kendaraan,” tutur Kadishub Kota Pagaralam Paber Napitupulu AP MSi, kemarin. Dikatakan Paber, pengecekan kelayakan kendaraan sangat penting, untuk menjamin keselamatan angkutan umum, termasuk juga para penumpang yang akan melakukan mudik Lebaran.




“Tak kalah penting lagi, dalam pengecekan ini kita pun langsung tes, apakah rem itu berfungsi, semua lampu, kondisi kendaraan, kelengkapan dan keamanan kendaraan, setelah semua itu dinyatakan lengkap, maka kita akan pasang stiker Angkutan Lebaran tahun 2017,” beber Paber, seraya mengimbau para sopir, pengusaha angkutan dan pemilik kendaraan, untuk secara rutin mengecek serta memeriksa kendaraannya sebelum jalan.




Sementara, dalam kesempatan ini, Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono mengatakan, selain memeriksa kelengkapan kendaraan, pihaknya bersama Dishub dan BNN Kota Pagaralam, juga mengadakan pemeriksaan tes urine, kepada sejumlah sopir angkutan barang maupun penumpang.




“Pemeriksaan kondisi kendaraan jelang Lebaran, sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi sekarang ini di sejumlah PO Bus banyak penumpangnya, bahkan bisa full 40 hingga 50 penumpang, jadi Bahaya kalau mereka (sopir, red) itu nanti, mengemudikan kendaraan dalam posisi menggunakan Narkoba,” ungkapnya.




Karena itu, sebelum mendatangi PO Sinar Dempo, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah sopir kendaaan di depan Kantor Samsat Kota Pagaralam. Hasil pemeriksaan itu didapati ada pengemudi kendaraan, terindikkasi menggunakan Narkoba jenis sabu-sabu dan ganja.




“Yang jelas kita mengecek untuk kelayakan kendaraan. Di semua aspek kendaraan, baik itu ban, rem dan perlengkapan-perlengkapan terdapat di kendaraan. Sampai saat ini dari hasil pemeriksaan, terhadap 3 bus besar terdapat di Loket Sinar Dempo Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kondisinya layak dan bagus,” ungkapnya. (09)

Previous Novirzah, Inshaa Allah Berjodoh dengan Semua Parpol
Next Antisipasi Kecelakaan, 2 Sopir Terindikasi Narkoba Berhasil Diamankan