Ingatkan Guru – Kepsek Jaga Sikap


Jhon Heri SPd

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, mengingatkan para guru khususnya Kepala Sekolah di Kabupaten Empat Lawang, agar menjaga sikap dan tingkah laku pribadi, baik di luar sekolah, lebih-lebih di dalam lingkungan sekolah.
Kepala Disdikbud Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Kabid Pembinaan SMP, Jhon Heri mengatakan, kebanyakan Kepala Sekolah yang sering bermasalah atau dipermasalahkan, biasanya dimulai dari kelakuan pribadi si Kepala Sekolah itu sendiri, bukan faktor dari luar.
“Kalau yang bersangkutan bisa menjaga sikap, baik itu di lingkungan kerja atau di luar, jarang bermasalah, apalagi sampai dipermasalahkan,” ungkap Jhon Heri, saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (7/1).
Jhon Heri menceritakan, pernah ada laporan ke pihaknya, ada salah seorang oknum Kepala Sekolah, yang suka minuma keras. Tentu saja pihaknya tidak langsung percaya sebelum melakukan penyelidikan. “Saya datangi ke sekolah yang dimaksud, kemudian saya tanya dan tentu dia mengelak. Namun setelah kita tanyai lebih lanjut akhirnya dia mengakui, dan tentu kita langsung melakukan tindakan pendisiplinan, agar yang bersangkutan menghentikan kebiasaan buruknya tersebut,” jelasnya.
Dari contoh oknum yang dia maksud, wajar saja jika sekolah itu banyak masalah, jika kelakukan oknum Kepala Sekolahnya seperti itu. “Kalau sudah bermasalah, kita di Dinas juga yang repot. Makanya saya beri peringatan keras ke oknum itu, agar tidak mengulangi kebiasaan buruknya,” terang dia.
Menurut Jhon Heri, bagi dirinya guru harus memberikan contoh yang baik. Tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga harus bersikap baik di luar sekolah, karena harus mejadi teladan semua orang. “Kalau kepala sekolahnya saja sudah buruk kelakuannya, bagaimana bawahannya, dan bagaimana peserta didiknya, bisa-bisa tambah hancur,” ujarnya. (Ac07/Mg01)

Previous Dahulukan Usulan Skala Prioritas
Next Tim Voli U17 Gelar Uji Tanding