Impian Rekor MURI EMR Akhirnya Terwujud


Foto : Adi/Pagaralam Pos
MUSI RIVER: Tim Ekspedisi Musi River begitu bersemangat untuk memecahkan rekor muri ekspedisi Musi River 5.

PAGARALAM POS, Muratara – Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti berharap rekor muri ekspedisi musi river 5 terwujud. Hal ini dikatakannya saat melepas tim Ekspedisi Musi River kibar bendera Asian Games 2018 dari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang yang tiba di Kecamatan Muara kelingi, tiga hari lalu. “Semoga ekspedisi ini masuk dalam rekor Muri nanti di Palembang, karena menjadi pengarungan Sungai Musi terpanjang mengunakan rakit,” ujar wabup.




Ditambahkannya, Pemerintah Daerah Musi Rawas sangat mendukung ekspedisi tersebut, dengan harapan mampu mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga sungai. “Selain itu, ekspedisi ini akan menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat, bahwa Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Menghimbau kepada masyarakat untuk ikut andil dalam mensukseskannya dengan cara melestarikan lingkungan, serta menjaga dan memaksimalkan semua potensi yang ada,” katanya.




Ketua umum Tim Ekspedisi Musi River, Aziz Satria mengatakan, tim ekspedisi terdiri dari sembilan orang. Dalam ekspedisi tersebut, bukan hanya mengarungi Sungai Musi, melainkan ada kegiatan sosial kemanusian, seperti penebaran benih ikan dan penanaman pohon disekitar DAS. “Kita targetkan ekspedisi ini selesai satu bulan, melewati empat kabupaten dan satu kota yang finis di Palembang. Tema ekspedisi kali ini mengangkat ‘gerakan penggalian ‘potensi Sungai Musi sebagai ikon Sumsel dalam menyambut Asian Games 2018’,” kata Aziz.




Senada dikatakan Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang, Sutarmu Iskandar, ekspedisi ini juga melakukan pendataan berupa laporan keadaan sepanjang Sungai Musi, keadaan penduduk dan tingkah lakunya, kemudian diadakan seminar dan pengambilan sampel mata air asli Sungai Musi.




Dilain pihak, Ketua Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana mengungkapkan, peluang mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) bagi tim Ekspedisi Musi River (EMR) Kibar Bendera Asian Games, terbuka lebar. “Tentu peluang itu (mencatatkan rekor Muri) sangat terbuka. Apalagi, jika kegiatan ini nantinya mampu mematahkan rekor-rekor sebelumnya yang pernah ada,” kata Ketua Muri Jaya Suprana.




Untuk diketahui dalam pelepasan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura juga memberikan bantuan kepada tim berupa uang tunai sebesar Rp.5 juta. Wabup bersama tim ekspedisi Musi River serta pejabat lainnya, melakukan penaman pohon disekitar daerah aliran sungai (DAS) dan penebaran satu juta benih ikan di Sungai Musi tersebut. (07)

Previous Satu CJH Asal Pagaralam Meninggal Dunia
Next Resmi, 6 Agustus Wings Air Layani Penerbangan Palembang - Pagaralam