Imbau Warga, Cek Kondisi Rumah Sebelum Ditinggal Mudik Lebaran


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
Ahmad Ali Ramadhan SSTp MSi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Camat Pagaralam Utara Ahmad Ali Ramadhan SSTp MSi mengingatkan, kepada seluruh masyarakat terlebih dahulu, untuk mengecek kondisi keamanan rumah, sebelum melakukan mudik jelang Lebaran 1440 Hijriah.

“Hal itu sangat diperlukan sebagai upaya waspada, terhadap aksi pencurian yang rawan terjadi saat rumah dalam kondisi kosong atau tidak berpenghuni,” terang Ahmad, saat dibincangi Pagaralampos.com.

Selain itu, diterangkan Ahmad, pengecekan kondisi rumah sebelum mudik, meminimalkan potensi kebakaran pemukiman, akibat adanya hubungan arus pendek. “Bagi warga yang mudik, apalagi dalam jangka panjang, pastikan tidak ada alat elektronik yang masih terpasang,” serunya.

Lebih jauh Ahmad mengimbuh, selalu meningkatkan koordinasi dan titip dengan para tetangga terdekat, memantau kondisi rumah secara berkala, untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan. “Paling tidak bisa menitipkan dengan tetangga terdekat, atau bisa juga dimintai pihak keluarga, untuk menunggu guna mewaspadai tindakan kriminal,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, sambung Ahmad, tingginya itensitas dan juga aktivitas masyarakat jelang Lebaran ini, terutama dalam menyiapkan kebutuhan berlebaran, juga harus senantiasa diwaspadai, jangan sampai lengah.

“Biasanya, pada penghujung Ramadhan dan mendekati Lebaran Idul Fitri, kebanyakan masyarakat itu sibuk mempersiapkan segala sesuatu keperluan berlebaran, apalagi menjelang H-2 dan H-3 lebaran, kewaspadaan perlu sekali diperhatikan, terutama jika beraktivitas di dapur, agar kiranya betul-betul memperhatikan kondisi api, guna menghindari terjadinya dan bahaya kebakaran,” imbuhnya. (09)

Previous Libur Lebaran, Pajak Kendaraan Jatuh Tempo Tak Terkena Denda
Next Angkutan Lebaran, Pemkot Bakal Tindak Tegas Armada Tak Laik Jalan