Idealnya Fraksi Punya Sekretariat


Foto : Dok/Pagaralam Pos GEDUNG WAKIL RAKYAT : Fraksi-fraksi di DPRD Pagaralam belum memiliki sekretariat. Karenanya mereka sering mengalami kesukaran ketika akan menggelar rapat

PAGARALAM POS, Pagaralam – Fraksi-fraksi di DPRD Pagaralam belum memiliki sekretariat. Karenanya mereka sering mengalami kesukaran ketika akan menggelar rapat. “Memang idealnya setiap fraksi punya sekretariat. Seperti di daerah-daerah lain,” ujar Ketua Fraksi PKS (F-PKS) DPRD Pagaralam, Abdul Fikri Yanto SThI MAg, dihubungi Pagaralam Pos kemarin (10/8).

Sekretariat fraksi kata Fikri, sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Nah, lanjut Fikri, sampai dengan saat ini belum ada sekretariat untuk fraksi di DPRD Pagaralam. Hal ini membuat fraksi kesulitan untuk menggelar rapat. “Seringkali kita memakai rapat badan musyawarah (Bamus. Kalau di sana ada rapat, kita harus pindah ke ruangan lain yang sedang tak terpakai,” katanya.

Itulah sebabnya, Fikri menambahkan, pihaknya sudah mengajukan usulan supaya tiap fraksi difasilitasi sekretariat. Tapi, persoalannya Fikri menyebutkan, semua ruangan di gedung DPRD Pagaralam sudah ada kegunaannya masing-masing. Sehingga tidak bisa dialihfungsikan menjadi sekretariat F-PKS. Memang kata dia, ada satu ruangan yang kosong tapi fungsinya adalah untuk gudang. “Kita juga harus memahami bahwa APBD kita juga terbatas. Sehingga tidak bisa menganggarkan untuk sekretariat fraksi,” ucapnya.

Fasilitas sekrtariat fraksi disebutkan pada pasal 374 ayat 9 UU MD3 di bagian ketujuh. Di DPRD Pagaralam ada enam fraksi. Maka, di gedung DPRD ini semestinya ada enam ruangan fraksi. Yakni sekretariat F-PKS, F-PDI P, F-Nasdem, F-Golkar, F-Gerindra, dan F-Gabungan.

Selain sekretariat, fraksi juga disediakan anggaran, dan tenaga ahli guna kelancaran pelaksanaan tugasnya. Namun ini semua bisa diwujudkan dengan mempertimbangkan kekuatan APBD. Ini disebutkan dalam ayat 10 di pasal yang sama. (Pid11)

Previous Tetap Lakukan Pemantauan Terhadap Klien
Next Pemkot Dukung Penuh Rumah Produksi Kopi