Ibarat Dua Sisi Mata Uang


Foto: Ist/Pagaralam Pos
PENGAWASAN: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pagaralam Agus Akhmad memberikan pengarahan, dalam kegiatan rapat koordinasi TIM PORA di Hotel Dempo Flowers.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam menyambut baik giat rapat koordinasi, Tim Pemantauan Orang Asing (TIM PORA) diinisiasi jajaran Kemenkumham Sumsel dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

“Tentunya, kita sangat mengapresiasi dan menyambut baik, serta rasa terimakasih yang sebesar-besarnya, atas partisipasi para anggota TIM PORA, baik itu dari Kota Pagaralam ataupun Kabupaten Empat Lawang. Kegiatan ini menjadi wujud keinginan bersama, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sinergisitas koordinasi tugas dan fungsi antar instansi atau lembaga pemerintah, mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing,” ujar Agus Akhmad MSi, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pagaralam.

Menurut Agus, tentulah acara ini merupakan momentum baik, khususnya bagi Kota Pagaralam yang merupakan daerah tujuan wisata di Sumatera Selatan, serta memiliki akses transportasi udara, yakni Bandar Udara Atung Bungsu sebagai objek vital, dalam lalu lintas orang asing untuk lebih memahami langkah preventif, dalam deteksi dini Kamtibmas, menjaga stabilitas daerah, serta kewaspadaan dini terhadap dampak negatif, yang timbul akibat keberadaan orang asing.

Hal ini perlu menjadi atensi bersama, karena tidak dipungkiri sebagai daerah wisata, tentulah keberadaan orang asing diibaratkan dua sisi mata uang. Satu sisi menjadi salahsatu penggerak perputaran ekonomi dan pendorong kesejahteraan masyarakat daerah.

“Namun, di satu sisi lainnya dapat menjadi bumerang, apabila keberadaan orang asing dalam hal ini wisatawan, tenaga kerja asing atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan norma, sehingga dikhawatirkan dampak negatifnya dapat merusak tatanan budaya, ideologi dan juga keutuhan bangsa,” jelasnya. (Cg09)

Previous Kompak Jambret, Kakak Adik Dipelor
Next Ops Patuh Fokuskan Prokes Covid-19