Hati-hati Penyebar Berita Hoax


Foto : vhan/Pagaralam Pos SINERGIKAN TUGAS : PWI Pagaralam melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Pagaralam, selain mempererat silaturahmi, sekaligus mensinergikan tugas pokok jurnalis dengan aparat kepolisian.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Media sosial (Medsos) saat ini, kerap kali digunakan oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menyebar berita hoax. Berita negatif kerap dilemparkan di facebook (FB). Berita tersebut membuat stigma negatif di mata masyarakat yang tidak menyaring informasi tersebut. Akibatnya, kondisi lingkungan menjadi tidak stabil, karena isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.




“Kita sudah beberapakali mendapatkan informasi ada berita negatif yang dilempar di media sosial. Jelas, sudah banyak tanggapan dari masyarakat luas, sehingga harus diperjelas dan mengecek akun penyebar berita negatif yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, agar isu tersebut tidak melebar,” tegas Kapolres Pagaralam, AKBP Pambudi SIK saat bersilaturrahmi dengan awak media se-Kota Pagaralam, di Gedung Aula Wirasatya ‘96’ Mapolres Pagaralam, kemarin.




Dikatakannya, jika dibiarkan, maka masalah atau isu negatif tersebut akan seperti bola salju yang menggelinding, makin lama akan semakin membesar. Namun, sayangnya penyebar berita hoax tersebut adalah akun palsu. “Kita di sini menggunakan UU ITE. Jelas, penyebar fitnah bisa dikenakan UU tersebut dan bisa dihukum sesuai aturan. Jadi kita menyelidiki siapa penyebar isu tersebut,” tegasnya.




Untuk itulah, Pambudi mengimbau agar masyarakat jangan asal membuat berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. “Diharapkan kerjasamanya untuk mengcounter berita ataupun juga informasi yang bersifat hoax atau palsu, yang dapat meresahkan dan membahayakan pandangan masyarakat. Apalagi tahun ini kita memasuki tahun politik. Tahun Pilkada. Jelas akan banyak cara digunakan untuk menarik simpati masyarakat oleh calon. Diharapkan, apa yang disampaikan dapat benar adanya,” pungkas Kapolres. (06/CE-V)

Previous Bantuan Kolam Apung Terbengkalai
Next Geber Liga PSSI Cup