Harga Tinggi, Stok Ambil Sedikit


Foto: Madhon/Pagaralam Pos MAHAL: Kurangnya pasokan cabai merah keriting, menjadikan harga jual si peda ini menembus angka Rp60 per kilogram.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
MAHAL: Kurangnya pasokan cabai merah keriting, menjadikan harga jual si peda ini menembus angka Rp60 per kilogram.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tingginya curah hujan terjadi beberapa bulan terakhir mulai menuai masalah bagi tanaman cabai. Beberapa petani cabai mengalami gagal panen, karena diguyur hujan terus menerus. Akibatnya banyak pasokan ke sejumlah pasar tradisional di Kota Pagaralam tersendat, sehingga tak jarang menjadikan harga jual cabai meningkat tajam.

“Kebutuhan yang harganya kini sudah naik untuk jenis komoditi sayuran yang paling mencolok adalah cabai merah keriting,” ujar Mbah Siwo (53), seorang pedagang sayuran di bilangan pasar Terminal Nendagung, kemarin.

Dikatakan Siwo, kenaikan harga cabai merah keriting tersebut sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir. Dari sebelumnya di harga Rp53 ribu per kilogram, saat ini sudah menyentuh Rp60 ribu per kilogram.

“Ya, yang sangat mencolok kenaikan harga sayuran. Yakni cabai merah keriting sudah Rp60 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harga si pedas ini bertengger di harga Rp53 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Kenaikan harga cabai merah keriting, sebut Siwo, kemungkinan besar karena pasokan cabai ke pasaran berkurang. “Kalau barangnya tidak ada, maka harga jual cabai merah jadi mahal. Tapi sebaliknya kalau barangnya banyak tentu murah,” sebutnya.

Senada diungkapkan Yana (40), pedagang sayuran lainnya. Menurutnya, kenaikan ini karena dipicu intensitas hujan yang menyebabkan pasokan dari petani semakin turun, hingga pedagang terpaksa menaikkan harga jualnya. “Untuk modalnya saja kita sudah besar. Jadi mau tidak mau kita juga harus menaikkan harga jualnya, apalagi sekarang ini musim hujan, tentu saja cabai mudah busuk,” tandasnya. (09/CE-V)

#baca berita selengkapnya…terbit 14 oktober 2016#

Previous Sering Macet, Pengguna Jalan Mengeluh
Next Supervisi Manajerial Evaluasi Untuk Perubahan