Hanya untuk Belanja Beras dan Telur


1.992 Kartu BNPT Dibagikan
PAGARALAM POS, Pagaralam – Dalam waktu dekat, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pagaralam bakal menyalurkan sebanyak 1.992 Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), melalui Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai penerima. “Penyerahan Kartu BNPT melalui KKS di Pagaralam, disalurkan sebanyak 1.992 kartu, tersebar di 5 Kecamatan se-Kota Pagaralam,” ungkap Kepala Dinsos Kota Pagaralam, H Sukman SE MM, melalui Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Herdiansyah SSTp, kemarin.




Mengenai jadwal penyaluran Kartu BNPT sebut Herdiansyah, akan dimulai pada Kamis (22/11) – Jum’at (23/11), dimulai dari wilayah Kecamatan Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan. Sedangkan pada Jum’at (23/11), dibagikan di wilayah Kecamatan Pagaralam Utara dan Pagaralam Selatan. “Tujuan dari penyaluran Kartu BNPT, bentuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat tidak mampu, yang pada akhirnya berpengaruh pada kegiatan pembangunan Nasional,” ucapnya.




Menurut Herdiansyah, penyaluran Kartu BNPT, sebagai pengganti Rastra, selama ini kerapkali diterima masyarakat kurang mampu. “Ini sifatnya pengganti, jadi tidak lagi dalam bentuk Rastra,” paparnya.




Setiap penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), kata Herdiansyah, harus dalam bentuk non tunai melalui perbankan, dalam 1 kartu dan 1 rekening, untuk menampung berbagai program Bansos. “Bansos non tunai merupakan bagian dari pelaksanaan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), yang tekah diinisiasi oleh Bank Indonesia dan Pemerintah pada 14 Agustus 2014,” sebutnya.




Dengan adanya Bansos Non Tunai, sambung Herdiansyah, masyarakat Indonesia dapat mengenal lembaga keuangan formal, seperti Bank agar kelak dapat memanfaatkan lembaga keuangan tersebut, untuk meningkatkan kesejahteraannya. “Penyaluran BNPT masuk ke rekening per tanggal 25 setiap bulannya. Begitu saldo masuk, penerima bisa membelanjakan di agen-agen yang sudah ditunjuk. Khusus Pagaralam, ada 27 agen yang ditunjuk. Bantuan ini hanya boleh dibelanjakan beras dan telur, dengan nilai bantuan sebesar Rp110 ribu per bulan,” tandasnya. (09)

Previous Cerita Ahmad Nurbuat (17) yang Tersesat 12 Jam (1)
Next Gaspooll!!! Offroader Ditantang Lewati Jalur Sepanjang 100 Km