Gunung Dempo Ditutup !


Foto : dok/Pagaralam Pos DITUTUP : Meminimalisir jatuhnya korban, Jalur Kampung IV dan Tugu Rimau ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan

PAGARALAM POS, Pagaralam – Harimau Sumatera muncul di Gunung Dempo. Ini membuat jalur pendakian ke puncak Gunung Dempo ditutup. Meminimalisir jatuhnya korban. “Jalur Kampung IV dan Tugu Rimau ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,” ujar Koordinator Pos SAR Pagaralam, Lettu (SAR) Alparis ZM, SSos, ketika dihubungi Pagaralam Pos, kemarin. “Kita tidak tahu apakah sekarang sudah aman atau belum,” ujar mantan kepala kamar mesin (KKM) di kapal SAR Palembang ini.

Lalu bagaimana dengan lokasi selain jalur pendakian? Alparis bilang, berdasarkan petunjuk dari Kapolres Pagaralam, wisatawan juga dilarang berkemah di sekitar Tugu Rimau. “Untuk lokasi-lokasi lain yang dinilai sudah aman dan tidak, itu lebih baik tanya dengan BKSDA,” jawabnya. Basarnas ikut dengan prosedur dari BKSDA.




Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan Martialis Puspito mengatakan, pihaknya tak berwenang untuk menetapkan keamanan di Gunung Dempo. “Itu lebih baik tanyakan dengan pengelola Gunung Dempo. Silahkan tanya apakah sudah di sana sudah dipasang tanda-tanda jalur harimau atau belum,” ujar Ito-sapaan Martialis Puspito.

BKSDA dijelaskan Ito, bertugas untuk melakukan pencegahan terjadinya kasus penyerangan harimau terhadap manusia. Selebihnya pihaknya hanya mampu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada. (11)

Previous Hepy : Banyak OPD Tidak Berkoordinasi
Next Underpass Lahat Kembali Tergenang