Gratis Sewa Setahun


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pasca penertiban tim gabungan Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam selaku leading sektor, gedung baru Pasar Nendagung di kawasan Terminal Nendagung berangsur mulai ditempati PKL.

Terlihat, pedagang sayuran, diikuti pedagang rempah dan buah-buahan. Sementara daging dan ikan masih enggan berjualan. Padahal lapak yang disiapkan sangat nyaman, bersih dan dilengkapi fasilitas WC, air, listrik dan keamanan.

Kadisperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Gindo Simajuntak didampingi Kabid Perdagangan, Muhlis Gunawan mengatakan, para pedagang dianjurkan untuk masuk berjualan di lokasi baru. “Para pedagang digratiskan sewa selama satu tahun. Hanya ditarik uang karcis Rp1.000 setiap hari,” ujar Gindo.

Selain gratis sewa, uang listrik, keamanan, air, dan kebersihan juga ditanggung Perindagkop selama satu tahun. Jadi, ditegaskan Gindo, setahun para pedagang dipungut uang karcis seribu setiap hari. “Kita harapkan pedagang untuk tidak lagi berjualan diluar atau ditempat yang dilarang,” katanya.

Sementara, pedagang sayur,  Irawati (50) sejak Senin lalu telah menempati lapak baru sesuai instruksi pihak pengelola pasar. “Kita minta kepada pemerintah dan pihak Pengelola Pasar untuk tegas menindak pedagang yang berjualan diluar atau ditempat lama. Jika dibiarkan, pembeli tidak mau masuk gedung baru membeli barang dagangan kami,” pintanya.

 Tim Gabungan Bongkar Lapak PKL

Sebelumnya, para PKL sudah diberikan ultimatum untuk membongkar sendiri lapak dagangannya. Selasa (8/3), tim gabungan relokasi pasar melakukan tindakan tegas dengan membongkar paksa ratusan tempat jualan milik pedagang yang berada di kawasan Terminal Nendagung, Kecamatan Padaralam Selatan.

Jalannya pembongkaran lapak PKL berjalan lancar, kendati beberapa PKL sempat bersitegang mempertahankan lapak dan sebagian lagi pedagang membongkar sendiri dan memindahkan barang dagangan ke dalam Pasar Nendagung yang merupakan lokasi berjualan yang baru.

Kepala Badan Sat Pol PP dan Linmas Kota Pagaralam, Bhakti N MSi didampingi Sekretaris, Gunsono Mekson mengatakan, untuk penertiban PKL ini juga bersamaan dengan persiapan adipura 2016. (06)

Previous Plt Bupati Ragukan Data BPS
Next Polio Belum Ada Obatnya