GI Belum Difungsikan, Empat Lawang Masih Byarpet


FOTO: adi/Pagaralam Pos TERBENGKALAI: Gardu Induk di Kabupaten Empat Lawang terlihat terbengkalai.
FOTO: adi/Pagaralam Pos
TERBENGKALAI: Gardu Induk di Kabupaten Empat Lawang terlihat terbengkalai.

EMPAT LAWANG –  Masyarakat Kabupaten Empat Lawang harus bersabar agar listrik di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati berjalan normal, pasalnya  Perusahaan Listrik Negara (PLN) rayon Tebing Tinggi belum bisa memastikan di tahun 2015 gardu induk (GI) dapat difungsikan.

Kepala PLN, Wisnu melalui divisi pelayanan, pelanggan Rendi menjelaskan dengan belum bisa difungsikan GI, listrik Kabupaten Empat lawang masih byar pet sebab tergantung dengan PLN Rayon Kabupaten Lahat. Hal ini dikarenakan Empat Lawang masih menyambung ke Lahat.

Meskipun demikian Rendi menyatakan pihaknya tetap optimal memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan agar listrik berjalan normal. “Kita contohkan pada tahun baru ini meski tidak kita jamin namun ada pasukan jaga agar gangguan listrik dapat diupayakan secara optimal,” kata Rendi.

Sambung Rendi, karyawan PLN Rayon Tebing Tinggi tidak diperbolehkan untuk pulang ke kampung meski ada libur tahun baru, semuanya stand by di Kabupaten Empat Lawang. Rendi mengungkapkan, belum bisanya dioperasikannya GI dikarenakan upaya penyambungan jaringan listrik ke GI Petanang terkendala dengan pembebasan lahan tapak tower. Hingga sekarang PLN masih menunggu upaya pembebasan lahan yang dilakukan Pemkab Empat Lawang.

Ditambahkan Rendi, berdasarkan informasi yang ada, pembebasan lahan sudah dilakukan di sepanjang jalan yang dilalui tapak tower di Kabupaten Empat Lawang, nah untuk Musi Rawas dan Lubuklinggau masih tahap penjajakan. Dia berharap, Pemkab Empat Lawang dapat menyelesaikan pembebasan lahan agar GI segera difungsikan, dan harapan tidak byar pet lagi dapat tertanggulangi. “Kalau proses Pemkab cepat, kita yang langsung masang jaringannya,” ungkap Rendi.

Ditanya soal ketahanan GI apabila tidak terpakai? Dia menyatakan GI tetap bisa dipakai, sebab ada dana perawatan GI sehingga kapanpun dioperasikan Gardu Induk siap difungsikan.
“GI dapat difungsikan kapanpun,” pungkasnya. (07)

Previous Dukung Ghusuku INKAI di Pagaralam
Next Hewan Berkaki Empat Banyak Berkeliaran