Gencarkan Edukasi Covid !


Foto: Dok/Pagaralam Pos Abdul Fikri Yanto

PAGARALAM POS, Pagaralam- Ketua Fraksi PKS (F-PKS) DPRD Kota Pagaralam Abdul Fikri Yanto SThI MAg meminta pemerintah menggencarkan edukasi Covid. Ini supaya tak ada lagi warga yang terjangkit virus mematikan itu.

Dihubungi Pagaralam Pos kemarin (12/8), Fikri mengakui saat ini Pagaralam masuk Zona Orange. Ini merupakan menandakan bahwa Pagaralam belum bebas dari pandemi. Karenanya Fikri meminta Pemkot untuk menggencarkan edukasi kepada masyarakat. “Edukasi sifatnya untuk mendidik masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Supaya masyarakat disipilin memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak,”ucapnya.

Persoalannya tak semua masyarakat mau mematuhi protokol kesehatan itu. Sementara di sisi lain istilah adaptasi kebiasaan baru pun dimunculkan yang membuat masyarakat menyalahartikan maknanya. Dampaknya tak sedikit masyarakat nampak sudah tak ambil peduli dengan Covid-19. Mereka tak memakai masker bila ke pasar misalnya.

Fikri tak menampik fakta di lapangan itu. Namun ia yakin, bila Pemkot terus menerus memberikan edukasi, pada akhirnya semua masyarakat akan mematuhi protokol kesehatan. “Dalam rapat paripurna belum lama ini, kami dari F-PKS sudah meminta Pemkot untuk lebih gencar menangani Covid ini,”ucapnya.

Pagaralam memang sudah berstatus zona orange. Ini karena jumlah pasien yang positif bertambah menjadi 10 orang. Dua orang di antaranya sudah meninggal dunia. Padahal sebelumnya Pagaralam sempat berstatus zona hijau dan kuning.

Ditemui Pagaralam Pos beberapa waktu lalu, Walikota Pagaralam Alpian SH mengatakan, salahsatu jalan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid adalah dengan mematuhi protokol kesehatan. Ini perlu diterapkan sembari menunggu vaksin diproduksi massal dan dipakai pada 2021 nanti. “Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak bersalaman,” ucapnya.

Ia pun tak menyarankan masyarakat menggelar persedekahan di tengah pandemi. Ini dikarenakan akan memicu terjadinya interaksi erat dan kerumunan orang dalam jumlah banyak. “Jangan dulu sedekah,” katanya. (Pid11)

Previous Belum Terdeteksi HotSpot
Next Gambo Muba Diburu Pecinta Fashion