Gencar Perangi Narkoba


Foto: Madhon/Pagaralam Pos PERANGI NARKOBA: Petugas BNN mengajak seluruh Kepala SD dan masyarakat Pagaralam, untuk bersama-sama memerangi Narkoba di wilayaha Kota Pagaralam
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PERANGI NARKOBA: Petugas BNN mengajak seluruh Kepala SD dan masyarakat Pagaralam, untuk bersama-sama memerangi Narkoba di wilayaha Kota Pagaralam

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sosialisasi Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) gencar didengungkan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Pagaralam, dengan mengajak semua lapisan masyarakat Pagaralam, untuk bersama-sama memerangi Narkoba, yang harus diberantas hingga ke akar-akarnya.

“Saat ini, penyebaran Narkoba sudah dalam tahap mengkhawatirkan, tidak hanya bagi kalangan tertentu, melainkan sudah masuk ke berbagai lapisan masyarakat luas. Jadi penekanan dan perang akan Narkoba harus ditanamkan sejak dini,” Kepala BNN Pagaralam, Sudran Gaffar SSos, MM, melalui Kasi Pencegahan, Ruspani AMa Pd, dalam kegiatan Diskusi penanganan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), kemarin.

Sambung Ruspani, untuk lebih mensosialisasikan masalah pencegahan pengaruh dan bahaya Narkoba ini, pihak BNN juga telah membentuk kader di setiap instansi pemerintahan, swasta dan sekolah, sebagai media sosialisasi kepada masyarakat untuk menjauhi segala macam bentuk Narkoba, baik ganja, pil ekstasi, sabu-sabu dan lain sebagainya.

“Penanaman pengetahuan bahaya Narkoba diberikan, karena kita tidak ingin para generasi penerus bangsa terkena dampak buruk dari Narkoba, bandar akan semakin kaya dan senang-senang dengan peredaran Narkoba. Makanya, kita harus bersama-sama memberantas Narkoba,” tegasnya.

Selain gencar sosialisasi bahaya Narkoba lanjutnya, petugas BNN juga tidak lupa terus mengajak dan mengimbau masyarakat, untuk ikut berpartisipasi menghalau serta melaporkan, bila ada diantara warga yang terindikasi menggunakan Narkoba, kepada pihak BNN Kota Pagaralam agar dapat dilakukan rehabilitasi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Pagaralam Budiarjo Sahar SPd MPd mengatakan, penanganan masalah penyalahgunaan Narkoba, patut terus ditingkatkan lagi dari tahun ke tahun, terlebih di dunia pendidikan saat ini, disinyalir terdapat berbagai hal masalah, yang sudah terjadi di siswa usia SD menyalahgunakan hal-hal seperti menghisap lem, perokok aktif maupun menghisap aroma gesekan korek api lidi.

“Pengawasan terhadap peserta didik sejak dini harus kita tingkatkan kembali, dengan meningkatkan kehati-hatian benda-benda yang perlu diwaspadai berada di lingkungan sekolah, meliputi balon tiup, permen tanpa merek, alat-alat tulis, bunga kecubung hitam, serta bunga nusa indah,” jelasnya.

Mengantisipasi hal tidak diinginkan bersama, Budi berharap banyak kepada seluruh komponen pendidikan, untuk senantiasa mengadakan sosialisasi pada anak usia sekolah dasar, tentang zat-zat yang dikelompokkan tergolong mengandung Narkoba, serta sosialiasi tentang bahaya Narkoba, serta guru lebih pro aktif lagi melakukan pengawasan terhadap peserta didik tentang bahaya Narkoba.

“Kita juga berharap peran aktif dari orangtua dapat mengawasi anaknya, sedangkan untuk guru kelas dan mata pelajaran, agar menyisipkan materi tentang bahaya Narkoba, melalui cara menumbuhkan nilai-nilai perang terhadap Narkoba,” pungkasnya. (09/CE-V)

Previous Rokok, Membunuh Secara Perlahan
Next Tilang Kendaraan tak Lengkap Surat