Gelar Operasi Mandiri Kewilayahan


FOTO: ist/ist Binmas Polres Pagaralam ARAHAN: Kasat Binmas Iptu Wantoro saat memberikan arahan kepada soprir angkutan di Terminal Nendagung, kemarin.
FOTO: ist/ist Binmas Polres Pagaralam
ARAHAN: Kasat Binmas Iptu Wantoro saat memberikan arahan kepada soprir angkutan di Terminal Nendagung, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna memberikan perlindungan, pengayoman sekaligus pelayanan kepada masyarakat, Polres Pagaralam melalui Sat Bunmas menggelar Operasi Mandiri Kewilayahan dengan menyambangi warga disejumlah wilayah hukum yang ada. Pada kesempatan operasi bersandi “Operasi Bina Kusuma Musi 2015” digelar kemarin (5/3) tersebut, menyambangi lapisan masyarakat di kawasan Terminal Nendagung dan Simpang Mana.

Kapolres Pagaralam AKBP Saut P Sinaga S.iK.,M.Si melalui Kasat Binmas Iptu Wantoro mengatakan, kepada personil yang terlibat dalam Operasi Bina Kusuma Musi 2015 harus melaksanakan tugasnya dengan baik dan bersungguh-sungguh, sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan dalam giat ini dapat memberikan efek positif kepada masyarakat Kota Pagaralam. “Yang jelas digelarnya operasi ini bisa memberikan perlindungan, pengayoman sekaligus pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Pagaralam,” bebernya seraya mengatakan, adapun giat ini digelar selama 7 hari ke depan, dimulai hari ini (Kamis, red).

Lanjutnya, dengan terciptanya rasa aman pada warga dan masyarakat Kota Pagaralam dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari membuat terwujudnya kondisi kamtibmas yang lebih baik di wilayah hukum Polres Pagaralam. “Harapan kita kedepan demikian, namun tidak terlepas dengan kinerja aparat namun juga perlu adanya dukungan dari masyarakat,” tukasnya.

Dalam Operasi Bina Kusuma Musi 2015, fungsi kepolisian yang dikedepankan adalah Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas). Sehingga pelaksanaan pembinaan kamtibmas diwilayah hukum Polres Pagaralam yang berorientasi kepada nilai-nilai budaya dan pemberdayaan potensi masyarakat dilakukan oleh sejumlah anggota dalam ikatan unit (Pola Operasi Kepolisian) yang telah disiapkan kemampuannya kemudian diterjunkan dan membaur ditengah-tengah masyarakat.

Tugasnya, menjalin kemitraan, membantu sistem pengamanan, meredam setiap bentuk ancaman dan kerawanan di tempat atau suatu daerah pada suatu desa dan kecamatan rawan kriminalitas. Melalui kegiatan penyuluhan dan penggalangan dengan sikap atau perilaku yang baik, menjadi Polisi bagi dirinya sendiri dan sadar hukum dalam mencegah dan menghadapi kejahatan, demi terwujudnya kondisi kamtibmas yang lebih baik.

“Nantinya, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan rasa aman dan tentram, terwujudnya situasi dan kondisi kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali, serta mencegah terjadinya praktek premanisme dan penyakit masyarakat (pekat),” harap Wantoro. (06)

Previous Dana DAK Rp16 Miliar Tak Dapat Dijalankan
Next Perbaikan Jaringan, Besok Listrik Padam