Gelar Apel Besar Keselamatan Berlalulintas






PAGARALAM POS, Pagaralam – Bertepatan dengan peringatan HUT Lalulintas ke-61, jajaran Satlantas Polres Pagaralam menggelar apel besar gabungan masyarakat pecinta tertib lalulintas yang dihelat, kemarin (22/9) bertempat di halaman Mapolres Pagaralam.

Pada kesempatan apel gabungan tersebut dihadiri elemen masyarakat dari sejumlah komunitas kendaraan yakni club motor dan mobil yang ada di Pagaralam. Helatan itu juga hadir Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Mkes, Dandim 0405 Lahat, Letkol CZI Sri Hartono, Ketua PN Pagaralam, Doni Dormund SH, Kasi Pidum Kejari Pagaralam, Alven SH, serta Kepala SKPD dan lapisan masyaarakat.




Kapolres Pagaralam, AKBP Pambudi Sik didampingi Kasat Lantas, AKP Zaldi mengatakan, dengan digelarnya apel besar gabungan ini sekaligus sosialisasi mengenai keselamatan berlalulintas. “Keselamatan pada hakekatnya merupakan salahsatu prinsip dasar dalam berlalulintas dan ini sering kali disalah gunakan dijalan raya, seperti dijumpai pengendara saling berlomba-lomba untuk lebih cepat sampai ke tujuan, ini merupakan kurangnya peduli dan sikap saling menghormati sesama pengguna jalan,” ujarnya selaku Irup apel gabungan sekaligus mengimbau, agar tidak menelepon selagi mengemudikan kendaraan.




Kedepan sesuai dengan amanat UU No. 22 tahun 2009 tentang tertib lalu lintas dan angkutan, Polres Pagaralam mengajak seluruh stake holder untuk menciptakan keselamatan berlalu lintas secara Nasional. Demi mewujudkan keselamatan jalan di Indonesia dan telah disusun rencana aksi keselamatan dari Januari sampai Desember. “September sampai Oktober penindakan pelanggaran pengguna jalan yang tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman, ini merupakan salah satu aksi keselamatan di jalan,” ujarnya menegaskan.

Untuk mewujudkan aksi keselamatan tersebut harus dilaksanakan semua pemangku secara sungguh-sungguh agar tercapai sesuai dengan target. “Marilah untuk seluruh masyarakat Kota Pagaralam yang saya cintai mulai hari ini mari kita jadikan keselamatan berlalu lintas, sebagai langkah awal ikut peran aktif dalam meningkatkan keselamatan dijalan dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ajak Kapolres kepada seluruh masyarakat Pagaralam dalam Apel Besar Hut Lantas.




Sementara pada kesempatan itu, sebelum pelaksanaan apel tamu undangan dihibur aksi keterampilan baris berbaris polisi cilik (Pocil), dan patroli sekolah yang memparadekan 12 gerakan pengaturan lalulintas. Pemberian penghargaan kepada pengemudi teladan juga dimeriahkan dengan perlombaan diikuti komunitas kendaraan, sekaligus penyerahan piagam penghargaan dan hadiah kepada juara lomba mewarnai dan melukis kepada pelajar SD, SMP dan SMA. (06)

Previous BP2JN Data Titik Longsor
Next Nam nec ligula cursus viverra lacus sit amet