Gedung Eks UMKM Terbengkalai


Foto : Adi/Pagaralam Pos
TERBENGKALAI : Bangunan yang terletak di komplek Rumah Dinas Sekda Empat Lawang. Tepatnya di samping Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang yang sekarang menjadi bangunan terbengkalai.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Sejumlah bangunan gedung milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, masih banyak yang tidak difungsikan. Bahkan beberapa diantaranya terkesan dibiarkan terbengkalai, jauh dari kesan difungsikan sesuai dengan peruntukannya.




Beberapa bangunan gedung yang dimaksud, diantaranya bagunan yang terletak di komplek Rumah Dinas Sekda Empat Lawang. Tepatnya di samping Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang. Kondisi gedung tersebut saat ini menjadi bangunan terbengkalai.




Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, gedung yang sebelumnya pernah dimanfaatkan sebagai Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Empat Lawang, merupakan Rumah Dinas unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang.




Sempat difungsikan berbagai Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kini gedung milik Pemkab Empat Lawang itu dibiarkan begitu saja tidak bermanfaat. Bahkan, di halaman gedung itu rumput liar dibiarkan bahkan sudah mulai merambat naik pagar yang mengelilingi gedung tersebut. “Setidaknya sudah dua tahun ini tidak lagi digunakan. Kondisinya memang sudah seperti itu, terbengkalai sudah dikelilingi semak belukar,” ungkap Deni, salah seorang warga, kemarin.




Tentu saja sebut Deni, aset gedung yang terbengkalai seperti ini patut disayangkan. Sebab sebut dia, pembangunan gedung semacam ini menggunakan uang negara yang tidak sedikit. “Kalau tidak ada gunanya, ya mengapa dibangun. Mending uangnya digunakan untuk hal yang lain yang lebih bermanfaat untuk rakyat,” imbuhnya.




Sementara menurut Ridwan, warga lainnya menimpali, banyak aset-aset milik pemerintah yang terbengkalai seperti ini. Dia memaparkan, selain gedung tersebut ada rumah warnet yang satu komplek dengan gedung tersebut. “Di samping Kantor DPMDP3A di atasnya, itu juga jadi bangunan terbengkalai,” ujarnya.




Selain itu lanjut dia, ada beberapa bangunan lain yang lebih miris, terbengkalai bahkan hancur akibat tidak pernah dimanfaatkan. “Gudang pangan di Jalan Desa 3a dan balai uji kir di Jalan Desa 3B. Kedua bangunan itu kini sudah hancur karena terlalu lama terbengkalai,” ungkapnya.




Alangkah baiknya sebut Ridwan, Pemerintah kedepan benar-benar memikirkan pemanfaatan suatu bangunan sebelum dilakukan pembangunan. Jangan hanya dibangun setelah itu menambah deretan panjang daftar bangunan terbengkalai. “Untuk apa ada pembangunan jika setelahnya dibengkalaikan. Mending uangnya digunakan untuk program lain yang lebih mengena ke masyarakat,” tukasnya. (07)

Previous Cik Ujang Pinta Primanaya Bayar Hak Karyawan
Next Bawaslu Pagaralam Warning ASN: Jangan Berpose