GAD Hembuskan Asap Tebal


PAGARALAM POS, Pagaralam – Masyarakat Pagaralam, kemarin (6/5), sekitar pukul 18.06 WIB, mendadak heboh dan berhamburan keluar rumah. Hal ini karena Gunung Api Dempo (GAD), diduga terlihat menghembuskan asap tebal.

Ketua Pos Pemantau Gunung Api Dempo Mulyadi mengungkapkan, berdasarkan pengecekan melalui alat seismograf, awan tebal tersebut merupakan hembusan GAD. “Hembusan yang keluar dari Gunung Api Dempo adalah hal normal. Bahkan, jika keluar hembusan ini merupakan pertanda baik, karena kondisi kawah terbuka, sehingga gunung tidak menyimpan kekuatan yang akhirnya berdampak letusan. Sementara, jika kawah atau mulut kawah tertutup, maka magma akan menyimpan kekuatan, sehingga akhirnya terjadi letusan atau erupsi,” jelasnya.

Untuk saat ini diakuinya, berdasarkan rekaman melalui seismograf, tidak ada aktivitas kegempaan yang terekam, baik itu gempa tektonik jauh, tektonik lokal maupun vulkanik. Dimana, aktivitas yang muncul hanya hembusan terekam sekitar pukul 18.06 WIB. “Untuk kegempaan tidak terekam. Hanya hembusan yang kebetulan terjadi karena kondisi cuaca gelap akibat hujan yang melanda Kota Pagaralam tiga hari berturut-turut,” bebernya. (06/09/CE-V)

Previous Empat Desa Terendam Banjir
Next Tersangka Korupsi Masjid Tunggu Jadwal Sidang