Duta Kopi Indonesia Gali Potensi Kopi Empat lawang


Foto : Adi/Pagaralam Pos
KUNJUNGAN: Duta kopi Indonesia Salmah melakukan kunjungan ke rumah produksi kopi di Empat Lawang, kemarin.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Potensi hasil Kopi di Kabupaten Empat Lawang sangat besar, dibandingkan dengan beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan. Akan tetapi, pengelolaan yang belum maksimal, membuat penggemar kopi di Sumsel bahkan secara Nasional, belum terlalu mengenal kopi khas Empat Lawang.




Ironisnya, Empat Lawang yang mempunyai bahan baku biji kopi berkualitas, namun tidak mempunyai nama di kancah Nasional. “Sangat disayangkan, jika kopi Empat Lawang diakui oleh daerah lain yang membeli bahan bakunya,” ungkap Salamah, Duta Kopi Indonesia, disela-sela kunjungannya bersama serivijaya coffe pondation di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, Jumat (29/).




Salamah meyakini, di Sumsel atau secara khusus di Empat Lawang mempunyai lahan kopi yang sangat luas serta biji kopi yang berkualitas. Namun harus dikelolah dengan profesional. “Mulai dari perawatan batang kopi, pemberian pupuk hingga memetik buah yang benar-benar masak atau matang. Ini yang harus diperhatikan, agar menghasilkan biji kopi yang berkelas,” jelasnya.




Sementara Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, melalui Asisten 1 Rahmat Riyandi mengatakan, Empat Lawang memiliki lahan kopi yang mencapai 61 ribu hektar yang tersebar di 10 kecamatan yang ada. Lahan tersebut dimiliki petani kopi secara individu, bukan perusahaan. “Kita memiliki bahan baku kopi yang sangat banyak, namun lebih banyak dijual langsung oleh petani ke luar daerah,” kata Rahmat Riyandi.




Ia menjelaskan, ada beberapa pengusaha kopi di Empat Lawang, yang mengelolah biji kopi secara profesional. Namun jumlahnya bekum terlalu banyak. “Ada kopi Rollin, kopi emas, kopi luwak hingga kopi ngamuk. Semuanya khas Empat Lawang, namun produksinya masih sangat terbatas,” kata Riyandi.




Pemkab Empat Lawang, kata Riyandi, siap membantu petani kopi di Empat Lawang, untuk pengembangan dan pemasaran kopi khas Empat Lawang. “Sudah banyak permintaan kopi Empat Lawang, pemerintah siap bantu petani kopi,” imbuhnya.




Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Empat Lawang, Kuswinarto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap IKM, UKM atau Koperasi yang bergerak dibidang usaha kopi. “Dengan berbagai program kerja yang ada, terutama pengembangan dan pemasaran usaha kopi. Salah satunya, dengan pelatihan dan mengikuti pameran-pameran kopi se Sumsel ataupun tingkat Nasional,” tukasnya. (07)

Previous Manjakan Pengunjung, Hotel Calista Sediakan Lift
Next Jon Dayat: Memelihara Ayam Ketawa, Berarti Mencintai Hewan