Dua Anggota Dewan ‘Istirahat’ Nyaleg


Foto : dok/Pagaralam Pos
WAKIL RAKYAT : Gedung DPRD Kota Pagaralam di kawasan Gunung Gare. Foto diabadikan beberapa waktu lalu.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tak semua anggota DPRD Kota Pagaralam periode 2014-2019 kembali maju di Pileg 2019. Adalah H Burhanan dari Partai Demokrat dan Hj Nurbaiti Rahim dari PBB yang memilih tak lagi nyaleg.




Pengamatan Pagaralam Pos dari Daftar Calon Tetap (DCT) yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum Kota Pagaralam, dari 25 anggota DPRD periode 2014-2019, tercatat 23 kembali nyaleg. Mereka nyaleg lewat partai politik dan di daerah pemilihan (Dapil) yang sama, seperti lima tahun lalu.




Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pagaralam, Geo Ferlando SH MH membenarkan bila H Burhanan tak lagi nyaleg di Pileg 2019. “Pak Burhanan dulu maju di Dapil Pagaralam Utara,” ujar Geo, kemarin.




Menurut Geo, yang bersangkutan tak lagi nyaleg karena faktor usia. Tak majunya H Burhanan, dapat mempengaruhi perolehan suara di Dapil Pagaralam Utara. Namun ia tetap optimis dukungan rakyat akan tetap memihak kepada Partai Demokrat. Disebutkannya, Partai Demokrat sudah memiliki Caleg yang diharapkan dapat mengisi kekosongan suara yang ditinggalkan Burhanan. Setidaknya ada dua Caleg yang memiliki peluang menang yang besar. “Target kami di Dapil Pagaralam Utara, itu satu kursi,” ucap Geo.




Sementara Ketua DPC PBB Kota Pagaralam, Damsir Amd juga membenarkan perihal Hj Nurbaiti tak lagi nyaleg di Pileg 2019. Kata Damsir, yang bersangkutan tak lagi nyaleg karena faktor usia dan keluarga. Meski demikian, Damsir memastikan, hal ini tak akan mempengaruhi perolehan suara PBB khususnya di Dapil Pagaralam II. “Kami masih punya Caleg-Caleg baru,” ucap Damsir.




Ditambahkan Damsir, dengan tak lagi petahana yang nyaleg di Dapil tersebut, membuat potensi persaingan antara Caleg baru dengan petahana dapat dihindari. Dua anggota DPRD dari PBB lainnya, yakni Mgs Thoyeb dan Masran Brianto, tetap nyaleg. “Mgs Thoyeb maju di Pagaralam Utara. Sedangkan Brianto di Dapil Pagaralam Selatan,” sebut Damsir.




Sebelumnya Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Hukum dan Teknis Hendri SE menyebutkan, jumlah Caleg Pagaralam mencapai 338 orang. Para Caleg ini berasal dari 15 Parpol yang sebelumnya dinyatakan memenuhi syarat. “Jumlah DCT awal itu 337 orang. Karena ada satu orang memenangkan sengketa di Bawaslu, mesti kita masukkan ke DCT. Artinya jumlah Caleg sekarang ada 338 orang,” terang Hendri. (11)

Previous "Ncaleg Maseh nak Beduit"
Next Hidupkan KNPI, Kak Pian Bentuk ‘Kerangka’ Pemuda Pagaralam Harus Bersatu