Diterjang Banjir Bandang, Belasan Pipa PAM IPA Pelang Kenidai Hanyut


Foto: Ist/Pagaralam Pos
BANDANG: Petugas di lokasi aliran Lematang sedang melakukan perbaikan pipa tranmisi.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Dilanda banjir bandang belasan pipa PAM menghubungkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah hanyut. Kondisi demikian tak pelak membuat teknisi UPTD PAM Kota Pagaralam kerja keras melakukan upaya perbaikan.




“Bencana ini terjadi pada 3 November lalu. Pekerja dilapangan yang mendapat laporan dari petugas IPA (bak pengolahan, red) karena pasokan air baku terhenti. Petugas sempat kesulitan mencari titik kerusakan pipa saat itu,” ungkap Kadis PU Penataan Ruang Kota Pagaralam, Hariyadi Razak melalui Kepala UPTD PAM, Herianto kepada Pagaralampos.com, Rabu (28/11).




Sekitar tiga hari lamanya, kata Herianto, pihaknya mencari titik kerusakan dengan melakukan penelusuran pipa tranmisi mulai dari IPA menuju intake, sumber air baku dengan radius sekitar 15 km. “Sekitar 18 pipa tranmisi ukuran 8 inci bergeser dari posisi awal (hanyut, red) karena dibawa aliran bandang,” lanjut dia seraya mengatakan sekitar delapan personel melakukan perbaikan dan harus ngecamp di lokasi.




Tidak singkat melakukan upaya perbaikan di lokasi, ujar Herianto. Karena medannya curam berbukit. Di lokasi sekitar 3 km dari intake titik kerusakannya. Untuk pemasangannya, menggunakan alat kotrek (craine, red). Mulai tanggal 13 November melakukan persiapan perbaikan di lokasi, karena harus mengumpulkan belasan pipa yang hanyut bahkan ada yang bengkok.




“Barulah tanggal 26 November dilakukan penyambungan pipa dilokasi yang lebih aman. Kemungkinan, hanyutnya pipa ini akibat tabrakan batang pohon yang hanyut terbawa bandang akibat luapan sungai Lematang. Mudah-mudahan besok (Kamis, red) distribusi PAM ini kembali lancar,” ualsnya. (06)

Previous Tunda Aktifitas Malam Hari
Next ODGJ Bisa Nyoblos, Asalkan Kantongi Suket Dokter dan KTP-el