Ditemukan Batu Diduga Prasasti Sriwijaya


PAGARALAM POS, Pagaralam – Penemuan benda peninggalan bersejarah berupa batu di Kota Pagaralam, kembali mencuat. Kali ini, sebuah batu diduga prasasti dari Kerajaan Sriwijaya ditemukan Hendro, warga Dusun Gunung Agung Ilir, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, di tengah kebun kopi miliknya, tak jauh dari Talang Ayek Lau.

Bentuknya unik, dihiasi tapak kaki kanan mungil, sekitar 5 cm. Di dekat tapak kaki, terdapat ukiran berbentuk rangkaian huruf, kira-kira sepanjang 7 cm. Belum diketahui jenis huruf tersebut, pun artinya. “Batu yang ditemukan ini memiliki ukiran unik, memiliki gambar telapak kaki dan ukiran huruf. Juga kepingan batu yang diduga pecahan tembikar,” ungkap Hendro sambil memperlihatkan batu yang dimaksud.

Kepala Disbudpar Kota Pagaralam, Drs. Syamsul Burlian menyatakan, pihaknya akan segera turun ke lapangan untuk melihat langsung penemuan batu diduga prasasti itu. “Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat, agar lokasi penemuan itu untuk dijaga,” jawabnya.

Dihubungi terpisah, Peneliti Senior dari Balai Arkeologi (Balar) Palembang, Retno Purwanti menyatakan, pihaknya belum bisa memastikan batu itu prasasti atau bukan. “Nanti kita cek ke lapangan. Bila ada kesempatan, akan kita teliti lebih lanjut,” jawab Dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) ini. (11/CE-V)

Previous 24 Atlet Sepakbola Jalani Pemusatan Latihan
Next Pasar Kalangan Dibenahi