Disperindagkop Pagaralam Data 60.774 Alat UTTP


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
DATA PEDAGANG: Petugas Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam lakukan pendataan UTTP pedagang, dalam giat pendataan potensi UTTP tahun 2020.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam dalam pendirian Bidang Metrologi Legal, petugas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam lakukan giat pendataan potensi alat Ukur Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) tahun 2020. Dari giat yang diadakan itu, setidaknya tercatat ada 60.774 alat UTTP dari 922 orang pemilik.

“Giat yang kita adakan ini, merupakan salahsatu kegiatan Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, dalam rangka awal dari wujud keseriusan Pemkot Pagaralam, dalam hal pendirian Bidang Metrologi Legal, sehingga pelayanan tera dan tera ulang nantinya, dapat dilaksanakan secara maksimal,” ujar Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Dawam SH MM melalui Kabid Metrologi, Tati Hariani SE.

Tujuan diadakan melakukan pendataan alat-alat UTTP sendiri, kata Tati, untuk lebih meningkatkan citra Pasar melalui kebenaran hasil pengukuran, meningkatkan pemahaman dan kesadaran pedagang/pengguna dan pemilik UTTP, serta pengelola pasar dalam membangun kepercayaan masyarakat, sehingga dalam kegiatan ini dapat terdatanya jumlah alat-alat UTTP dalam wilayah Kota Pagaralam.

“Selain itu, kita juga bisa mengetahui penyebaran dan jenis UTTP yang ada di wilayah Kota Pagaralam, sehingga nantinya dapat memudahkan persiapan sarana maupun prasarana, yang nantinya akan digunakan sebagai pelayanan tera dan tera ulang di Kota Pagaralam,” imbuhnya.

Pendataan alat UTTP ini, sambung Tati, dilaksanakan di Kota Pagaralam dengan titik, yang dijadikan lokasi pendataan antara lain di Kecamatan Kota Pagaralam, yakni Kecamatan Pagaralam Selatan, Kecamatan Pagaralam Utara, Kecamatan Dempo Utara, Kecamatan Dempo Tengah dan Kecamatan Dempo Selatan.

“Kita harapkan dari hasil pendataan UTTP di Kota Pagaralam ini, bisa dijadikan data acuan yang akurat, dalam pengambilan kebijakan pemerintah, untuk mendapatkan informasi data alat UTTP yang ada di Kota Pagaralam, mudah-mudahan pula giat ini, akan memberikan dampak yang baik, serta berguna bagi masyarakat, terkhusus di bidang Pasar,” pungkasnya. (Cg09)

Previous Promosikan Pariwisata Pagaralam Mulai dari Hal Terkecil
Next Pancaroba, Pasien Batuk Pilek Mendominasi