Disperindag Siap Sidak Pasar


*BBM Turun, Sembako Tetap Bertahan

EMPAT LAWANG – Harga Sembilan bahan pokok (Sembako) di beberapa pasar di Kabupaten Empat Lawang tetap bertahan dan tidak turun, padahal harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah duakali mengalami penurunan.
Di pasar Kabupaten Empat Lawang, hanya sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengalami penurunan, sementara Sembako lainnya seperti beras, gula, minyak sayur dan lainnya belum mengalami penurunan. Banyak alasan penjual belum menurunkan harga, salahsatunya dagangan yang dijual mereka merupakan stok barang dan dibelinya saat BBM naik.

Salah seorang warga Tebing Tinggi, Indah menjelaskan, banyak Sembako belum mengalami penurunan harga. “Penjualnya mengatakan barang dagangan mereka stok lama, jadi belum mengalami penurunan. Jika dijualnya dengan harga rendah maka mereka mengalami kerugian,” kata Indah kemarin.

Namun semestinya, kata Indah, kejadian tersebut merupakan resiko pedagang. Bayangkan jika sebaliknya saat BBM naik, stok barang yang dibeli saat BBM belum mengalami kenaikan, sudah dijual ke pembeli dengan harga tinggi dengan alasan BBM naik.

“Misalnya BBM naik hari Senin, para pedagang pasti menaikkan harga hari Senin itu. Tapi jika BBM turun, kebutuhan pokok belum tentu turun bersamaan dengan BBM, pasti turunnya membutuhkan waktu yang cukup lama,” cetusnya yang berharap Pemkab Empat Lawang segera memantau harga di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Empat Lawang, Peterson Okki Bial, melalui Sekertarisnya, H. Kencana Sotar ketika ditemui di kantornya mengatakan, memang ada barang di pasar mengalami penurunan. “Sembako tidak turun, karena pedagang membelinya sudah harga lama, ” jelas Kencana.

Alasannya modal lama jadi dihabiskan dulu modal tersebut, kalau tidak mereka rugi. Oleh sebab itu dalam waktu dua atau tiga minggu lagi timnya akan turun ke pasar-pasar mengecek harga-harga pasar. “Jika belum ada penurunan maka akan ada imbauan dari Pemkab Empat Lawang,” katanya. (07/CE-V)

Previous Survei Titik Daerah Rawan Genangan Air
Next Marak Pelanggar Lalin