Disiplin PNS Perlu Ditingkatkan


PAGARALAM POS, Pagaralam – Sekretaris Daerah Kota Pagaralam H. Safrudin MSi, melalui Kepala BKD Kota Pagaralam Imam Pasli SSTP, Msi, menegaskan perlunya peningkatan disiplin PNS di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, mulai dari berbagai level jabatan yang diemban. Hal ini dilakukan agar program kerja yang dijalankan dapat tercapai maksimal, terutama dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat menuju kesejahteraan yang dicita-citakan bersama.

“Meskipun sudah berulangkali diingatkan untuk meningkatkan disiplin kerja, namun hingga kini tingkat disiplin PNS di sejumlah satuan kerja dinilai masih rendah. Untuk itu tidak hanya perlunya pengawasan dari pimpinan SKPD masing-masing, akan tetapi bagaimana mereka sebagai pimpinan juga harus bisa memberikan contoh yang baik kepada bawahan,” katanya.

Menurutnya masih rendahnya disiplin PNS tersebut dapat dilihat dari masih tingginya jumlah PNS yang tidak mengikuti apel pagi dan siang, selain itu yang lebih parah lagi masih juga ditemukan adanya PNS yang masuk maupun pulang kerja tidak sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan, termasuk adanya laporan sejumlah PNS yang melakukan pelanggaran atau indispliner lainnnya.

“PNS kita masih banyak yang tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan maupun alasan yang jelas, hal ini bukti nyata masih rendahnya tingkat disiplin PNS,” ungkapnya seraya mengatakan, selain masih rendahnya disiplin kualitas kerja PNS masih dipertanyakan tersebut, perihal tidak memahami tugas pokok dan fungsi tempat yang bersangkutan bekerja.

Dikatakannya, PNS yang ada kebanyakan tidak mampu membedakan tingkatan prioritas pekerjaan, terkesan bekerja asal-asalan, memindah tanggungjawab kepada orang lain, semisal proses penyelesaian administrasi dengan saling memindahkan tugas.

“Kelemahan dan kekurangan yang disampaikan tersebut merupakan hasil evaluasi selama ini, untuk itu mengajak semua untuk terus meningkatkan dispilin diri dan selalu belajar dalam penguasaan administrasi kantor, penguasaan teknologi yang mendukung kerja serta peningkatan sikap kerja,” katanya.

Lebih jauh ucapnya, guna meningkatkan kinerja PNS, pihaknya telah melakukan penilaian kinerja melalui evaluasi. Hal tersebut bukan untuk mendeskreditkan PNS, tapi dalam rangka perbaikan diri kedepan, sekaligus momentum introspeksi diri bersama dalam mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik, dengan melibatkan partsipasi masyarakat khususnya dalam hal pengawasan.

“Sepanjang tahun kita telah memberikan sanksi kepada PNS yang tidak disiplin. Kita berharap hal ini dapat dijadikan pelajaran agar tidak terluang kembali,” tegasnya. (08/CE-V)

 

 

Previous Pagaralam - Palembang Hanya 45 Menit
Next 10 Menit Joy Flight Susi Air Penuh