Disdik Muratara Imbau Kepsek Waspada Penipuan via Telpon


PAGARALAM POS, Muratara – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas (Muratara), mengimbau seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) yang ada di Kabupaten Muratara, baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar tidak mudah percaya jika ada penelpon gelap yang meminta uang mengatasnamakan Dinas Pendidikan Muratara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) pendidikan Dasar (Disdas) Muratara, Abdul Kadir saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.




“Sehubungan dengan maraknya penipuan dan informasi yang disebarluaskan melalui telepon yang mengatasnamakan Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, dengan ini kami mengimbau kepada seluruh kepala sekolah SD, SMP Negeri/swasta se Kabupaten Muratara untuk bersikap waspada dan berhati hati terhadap informasi yang disebarluaskan oleh pihak tertentu terutama yang menyangkut sarana dan prasarana,” jelasnya.




Dikatakanya, saat ini pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada seluruh kepsek, SD, SMP Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Muratara agar tidak mudah percaya dengan isu isu yang berkembang yang mengatasnamakan Dinas Pendidikan. “Kita sudah memberikan surat edaran kepada sekolah sekolah,” pintanya.




Ia menegaskan bahwa, Dinas Pendidikan tidak pernah meminta ataupun memerintahkan kepada siapapun untuk menghubungi kepsek SD, SMP Negeri/swasta, yang meminta uang atau apapun namanya yang mengatasnamakan Dinas Pendidikan. “Sekarang ini sudah banyak laporan dari Kepala Sekolah SD maupun SMP ke saya, bahwa ada penelpon gelap yang menghubungi mereka lewat telpon yang meminta uang mengatasnamakan Dinas Pendidikan, dari 100 lebih SD dan SMP Negeri maupun Swasta, ada sekitar 20 orang yang melapor kepada saya,” ungkapnya.




Dijelaskan Abdul Kadir, orang yang menelpon Kepsek itu tidak hanya menggunakan satu kartu telpon saja, tetapi mereka secara bergantian menggunakan nomor yang lain. “Nomor nomor yang mereka pakai itu sudah kita telpon balik, tetapi semuanya tidak ada yang aktif lagi,” bebernya.
Sementara itu Efen, Kepsek SD N 1 Noman Kecamatan Rupit saat dikonfirmasi, membenarkan jika adanya seseorang yang telah menghubunginya lewat Handpone yang mengatasnamakan kementerian pendidikan republik indonesia.




“Memang benar ada seseorang yang menelpon saya lewat HP, dia bilang dari pusat (Kementerian Pendidikan), Kemudian saya tanya ke Dia bidang mana bapak ini, Dia jawab dari bidang program. Setelah itu dia mematikan HP nya, tak lama berselang Kepsek SD N Karang Anyar menelpon saya dia bilang ke saya bahwa dirinya ditelpon seseorang dari pusat. Setelah di cek nomor HP nya, ternyata orang ini menelpon Kepsek SD N Karang Anyar menggunakan nomor yang sama sewaktu menelpon saya,” pungkasnya. (mg01/CE-V)

Previous Adius Putra Gantung Diri Pakai Tali Hordeng
Next Korban Kebakaran 2015 Kembali Tagih Janji