Dirikan Pos Klimatologi Pertama di Sumsel


PAGARALAM POS, Pagaralam – Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII, akan mendirikan Pos Klimatologi pertama di Sumsel, yaitu di Kota Pagaralam.

Walikota Pagaralam, dr. Hj. Ida Fitriati Basjuni MKes mengatakan, alat klimatologi berfungsi untuk pengukuran rata-rata curah hujan, temperatur, kelembaban, lamanya panas matahari, dan kecepatan angin. “Kota Pagaralam merupakan kota pertama rencana didirikan Pos Klimatologi di Sumsel. Lokasinya sudah disiapkan di kompleks perkantoran Gunung Gare. Alat dan gedung bantuan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera didirikan dengan dana Rp 600 juta,” ujar Ida seraya menambahkan, ada 6 wilayah lainnya dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel dibantu, yaitu Prabumulih, Empat Lawang, Banyuasin, OKUS dan dua unit untuk Musi Banyuasin.

Lebih jauh dikatakannya, penempatan alat ini tak bisa sembarangan. Kriterianya, radius 50 meter tidak ada bangunan dan pohon tinggi.

Sementara itu, Consultan Unit Klimatologi BBWSS VIII, M. Azhan mengungkapkan, sejumlah Pos Klimatologi untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Pusat akan informasi iklim maupun cuaca di beberapa daerah. (08/CE-V)

Previous Motor Dirampas, Pinggang Ditujah
Next Jembatan Darurat Makin Darurat