DIPA Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Pemukiman


Foto : agung/Pagaralam Pos DIPA : Wako serahkan DIPA ke satker Kuasa Pengguna Anggaran.
Foto : agung/Pagaralam Pos
DIPA : Wako serahkan DIPA ke satker Kuasa Pengguna Anggaran.

PAGARALAM POS, Pagaralam –  Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Pemerintah Kota Pagaralam periode 2015 akan lebih diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur pemukiman di Bumi Besemah khususnya. Hal ini diungkapkan Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Mkes didampingi Kepala DPPKA H Haryanto, kemarin

Acara penyerahan DIPA dilaksanakan bertempat di ruang rapat Besemah Tige, dihadiri Ketua DPRD Pagaralam Ruslan Abdul Gani SE, Wawako Novirzah, Kajari Ranu Indra SH, Wakapolres Kompol Eddy, Kepala SKPD, serta undangan lainnya.

Menurut Ida, dana DIPA periode 2015 yang diterima Pemerintah Kota Pagaralam mencapai sekitar Rp. 5,6 Milyar, dimana dana ini jumlahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan penerimaan dana DIPA ditahun sebelumnya yang mencapai sekitar Rp. 8 Milyar. Selain itu juga, dana DIPA yang diterima ini akan difokuskan pada berbagai kegiatan yang telah diprogramkan kedepannya, sehingga realisasi anggaran tercapai lebih efektif dan efesien dan tepat sasaran.

“Dana DIPA yang kita terima periode 2015, untuk tiga SKPD Pemerintah Kota Pagaralam diantaranya, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura sebesar Rp. 3.095.000.000, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebesar Rp 1.000.000.000 dan Dana Pembangunan infrastruktur Pemukiman Kota Pagaralam (Dinas PU Kota Pagaralam) sebesar Rp 1.575.000.000, untuk total DIPA tahun 2015 untuk tiga SKPD yakni sebesar Rp 5.670.000.000,” urainya.

Dikatakannya, selain tiga SKPD tersebut yang menerima DIPA satuan kerja atau instansi vertikal yang menerima DIPA meliputi Pengadilan Negeri Kota Pagaralam, Kejaksaan Negeri Kota Pagaralam, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kota Pagaralam, Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam, MAN, MTs dan MI Negeri yang ada di Kota Pagaralam. Kemudian Badan Pusat Statistik Kota Pagaralam, Kantor Pertanahan Kota Pagaralam, Polres Kota Pagaralam, BNN Kota Pagaralam dan KPU Kota Pagaralam.

”Kita berkomitmen dana DIPA 2015 ini nantinya digunakan dan direalisasikan dengan tepat waktu, dan sesuai dengan petunjuk serta aturan yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat. Sehingga dana anggaran yang digunakan tepat sasaran tidak menyimpang dari prosedur yang ditetapkan dan manfaatnya benar-benar dirasakan serta dibutuhkan masyarakat, sebagai wujud mendukung pembangunan daerah,” katanya.

Sementara itu Kepala KPPN Lahat, Sumargono mengatakan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya tahun ini DIPA diserahkan langsung oleh KPPN kepada Walikota Pagaralam, untuk kemudian diserahkan kepada satuan kerja penerima DIPA. Sehingga dengan demikian kedepannya setiap satker yang ada dapat terjadi sinergi atau kesamaan dalam melakukan pembangunan di Kota Pagaralam.

“Kita berharap DIPA yang ada dapat segera dikerjakan, dan direalisasikan guna menunjang kinerja pemerintahan dan pembangunan di Kota Pagaralam,” katanya. (08)

Previous Januari Harus Mulai Tender
Next Dewan Sahkan Tujuh Peraturan Daerah