Dinyatakan Milik Bersama


Foto: Pidi/Pagaralam Pos LUAS: Danau Kerinjing di Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara. Foto diambil beberapa bulan lalu.
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
LUAS: Danau Kerinjing di Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara. Foto diambil beberapa bulan lalu.

PAGARALAM POS, Agung Lawangan – Juru bicara pewaris Danau Kerinjing, Helmi Madjid geram bukan main. Beberapa waktu lalu dia mendapatkan informasi, ada oknum warga yang mengklaim kepemilikan Danau Kerinjing secara pribadi. “Danau Kerinjing bukanlah milik pribadi. Saya nyatakan Danau Kerinjing itu milik bersama. Bukan milik pribadi ataupun satu pihak,” tegas Helmi, ditemui Pagaralam Pos, kemarin.

Dijelaskan, Danau Kerinjing merupakan milik semua keturunan Pesirah Ratu Seniun ditambah dengan keturunan 4 jungku dusun Bumi Agung. “Dari dulu warga Bumi Agung, Gunung Agung dan Kerinjing sudah tahu, bahwa Danau Kerinjing milik keturunan Pesirah Ratu Seniun dan empat jungku di Bumi Agung,” tuturnya.

Selain milik keturunan Pesirah Ratu Seniun dan 4 jungku di Bumi Agung, lanjut Helmi, Danau Kerinjing juga milik keturunan Pukat, Dol dan Dulkap. Orang-orang ini merupakan warga yang pernah dekat dengan Pesirah Ratu Seniun. “Karena itulah pemilik Danau Kerinjing sangat banyak. Semua keturunan Pesirah Ratu Seniun ada di mana-mana,” sambungnya.

Untuk diketahui, Danau Kerinjing di Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara. Danau atau tebat ini sempat kering, sebelum akhirnya digenangkan kembali pada November 2015 lalu. (11/CE-V)

#baca berita selengkapnya….terbit 21 april 2016#

Previous Realisasi PBB 100 Persen, RT Dapat Reward
Next Tes Kemampuan Siswa Lewat TO