Dimungkinkan Dibuat di Kecamatan


Foto: Pidi/Pagaralam Pos DOKUMEN: Kartu keluarga merupakan salahsatu dokumen kependudukan yang wajib dimiliki warga.
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
DOKUMEN: Kartu keluarga merupakan salahsatu dokumen kependudukan yang wajib dimiliki warga.

PAGARALAM POS, Bumi Agung Pembuatan kartu keluarga (KK) dimungkinkan untuk dibuat di tingkat kecamatan. Ini artinya pembuatan KK tak lagi di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Camat Dempo Utara, Drs Bahrul Hidayat, melalui Kasi Pemerintahan, Izhari mengatakan, rencana pembuatan KK dilaksanakan di kantor kecamatan didengungkan pada akhir 2015 lalu. “Kita sudah dengar. Waktu katanya mulai 2016, pembuatan KK dilaksanakan di kecamatan tak lagi di Disdukcapil,” tutur Izhari, ditemui Pagaralam Pos, di ruang kerjanya, kemarin, (10/2).

Namun lanjut Izhari, sampai saat ini, pembuatan KK tetap dilaksanakan di Disdukcapil. “Saat ini KK tetap dibuat di Disdukcapil, belum di kecamatan,” ucapnya. Untuk bisa menjalankan rencana itu imbuh Izhari, pihak kecamatan perlu petunjuk dan surat resmi. “Jika ada surat resminya yang membolehkan pihak kecamatan untuk membuat KK, tentu kita akan laksanakan,” terang Izhari.

Jika rencana itu terwujud diakui Izhari, proses untuk membuat KK akan jadi lebih singkat. Warga pun tidak perlu jauh-jauh lagi ke Disdukcapil. Sebelumnya, papar Izhari, warga yang ingin membuat KK mesti melalui berbagai tempat. Mulai dari RT/RW, ke kelurahan, ke kecamatan dan terakhir ke Disdukcapil. “Nah, kalau rencana itu jadi, tempat terakhir yang didatangi warga adalah kantor kecamatan,”sambungnya.

Pindah Domisili, KK Berubah

Keterangan dalam KK, rupanya bisa berubah. Tergantung dengan pemiliknya. Dicontohkan Izhari, jika pemiliknya pindah domisili misalnya, maka KK harus berubah. “Misal dari Bumi Agung pindah ke Tanjung Cermin. KKnya harus diubah,” urainya. Demikian pula jika ada salahseorang anggota keluarga yang akan membuat KK baru. Maka KK induk juga harus berubah. “KK dua belah pihak sama-sama berubah. Misal anaknya bikin KK baru, maka KK orangtuanya harus berubah,” sambungnya. (11/CE-V)

Previous Kerusakan tak Kunjung Diperbaiki
Next Kerjasama Bersihkan Lingkungan Sebelum Pulang