Diguncang Gempa Banten, Masyarakat Pagaralam Panik Berhamburan


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Gempa Bumi tektonik terjadi di Banten berkekuatan 7,4 Skala Richter dirasa hingga ke Kota Pagaralam, terekam di alat seismograf berkekuatan 2 MMI, meski demikian kondisi kekinian aktifitas kegempaan Gunung Api Dempo tidak terpengaruh masih tetap level I aktif normal, hal ini disampaikan Ketua Pos Pemantuan Gunung Api Dempo Megian Nugraha.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Pagaralam Pos, gempa membuat sebagian wilayah Kota Pagaralam terasa guncangan, hingga sempat membuat warga terkejut dan panik berhamburan keluar rumah menunggu hingga kondisi normal dan aman.

Menurut Megian, gempa bumi yang terjadi pastinya bukan berasal dari aktifitas Gunung Api Dempo, sedangkan gempa terjadi hingga terasa di Kota Pagaralam tidak mempengaruhi aktifitas kegempaan gunung api dempo, masih terpantau Aktif Normal berada di level I.

 “Meskipun cukup kuat terasa dan sempat membuat heboh sebagain masyarakat, namun gempa ini berasal dari luar Pagaralam, atau dengan kata lain merupakan gempa tektonik bukan gempa vulkanik yang ditimbulkan Gunung Api Dempo,” terangnya.

Sambungnya, alat seismograf sendiri berhasil merekam gempa terasa berskala sekitar 2 MMI terjadi tepat selepas Magrib 19.07, hanya sebanyak 1 kali terjadi guncangan gempa terasa, sedangkan aktifitas kegempaan gunung api dempo sejak tiga hari lalu hanya mencatat 3 kali vulkanik dalam dan 3 kali vulkanik dangkal.

Sementara, Ivan salah seorang warga Koramil Lama mengaku, dirinya merasa panik ketika gempa berlangung, hingga memilih untuk keluar rumah. “Ada duakali guncangan gempa yang begitu kita rasakan, karena guncangan gempat itu kuat, membuat kepala jadi terasa pusing,” ungkapnya. (08/09)  

Previous Koperasi tak Aktif, Dibubarkan !
Next Sopir Pengangkut 2,5 Ton Minyak Mentah Diamankan