Didominasi Warga Perantau, Usai Lebaran Rekam dan Aktif KTP-el Membludak


Foto: Gusti/Pagaralam Pos
PEREKAMAN DATA: Beberapa warga Pagaralam perantau dan menetap di Kota Pagaralam, melakukan perekaman data di Kantor Disdukcapil Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Selama Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1439 H, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam, untuk perekaman data dan pengaktifan KTP-el tidak libur. Selama libur, perekaman data didominasi oleh masyarakat perantau.




Kadisdukcapil Kota Pagaralam, Drs Bhakti N MSi melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Surono mengatakan, untuk pelayanan perekaman data pembuatan KTP-el tetap dilaksanakan pada masa libur Nasional. “Kita menugaskan personel untuk standby di kantor, guna memberikan pelayanan pada masyarakat yang akan melakukan perekaman data ataupun pengaktifan KTP-El, meskipun itu libur Nasional bagi pegawai,” jelas Surono.




Lanjut Surono, momen libur lebaran inilah, dimanfaatkan warga perantau untuk merekam data. Selama libur nasional, personel melayani 15 warga yang melakukan perekaman data. Sementara untuk hari pertama masuk kerja, Kamis 21 Juni 2018, sebanyak 46 masyarakat Pagaralam melakukan perekaman data. Kemudian, hari ini (kemarin, red) ada 23 warga datang melakukan perekaman. “Warga yang melakukan perekaman di awal masuk kerja ini, masih ada warga perantau dan juga masyarakat yang menetap di Kota Pagaralam,” bebernya.




Dikatakan Agus Barata, warga Alun Dua yang merantau di Kota Bandung, sudah setengah tahun lalu, KTP-El nya sudah tercetak, tetapi ketika mengurus BPJS dan ATM tidak bisa, dikarenakan KTP-El belum di aktifkan. “Pas pulang ke Kota Pagaralam lebaran ini, saya datang ke Kantor Disdukcapil Kota Pagaralam untuk mengaktifkan KTP-El saya,” kata bapak dua anak ini. (10/06)

Previous Selain Terbakar, Ternyata Kantor UPNP Tiga Kali Dibobol Maling
Next Disdikbud Pagaralam Komit Jaga Pelestarian Budaya di Tanah Besemah