Dewan Desak Pemkot Inventarisir Aset Daerah


PAGARALAM POS, Pagaralam – Untuk menghindari tumpang tindih maupun potensi timbulnya polemik yang terjadi terhadap keberadaan sejumlah aset daerah yang dimiliki Pemerintah Kota Pagaralam, DPRD Kota Pagaralam mendesak Pemerintah Kota Pagaralam untuk melakukan inventarisir ulang terhadap data semua aset daerah. Hal ini diungkapkan Alpian SH, mewakili Panitia Khusus II DPRD Kota Pagaralam belum lama ini.

Menurutnya, perlunya dilakukan inventarisir ulang terhadap semua aset daerah yang telah ada, serta dokumen-dokumen kepemilikannya, selain untuk memperbaharui, juga sebagai bentuk legalitas agar memiliki kekuatan ketetapan hukum yang jelas, sehingga kedepan tidak menimbulkan polemik dan konflik mengenai kepemilikannnya.

“Pendataan aset daerah dinilai sangat penting demi kepentingan bersama yang dapat dikelola untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPPKA Kota Pagaralam H. Haryanto, didampingi Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota, Fakhrurozi Nurhafi SSTP mengatakan, belum lama ini Pemerintah Kota Pagaralam bersama SKPD terkait telah melakukan inventarisir aset daerah untuk melegalisasi keberadaan aset yang tersebar di wilayah Kota Pagaralam, sehingga memiliki kepastian hukum yang kuat dan tentunya upaya ini akan dilakukan secara bertahap.

“Aset daerah yang dimiliki Pemerintah Kota Pagaralam yang tersebar di lima kecamatan Kota Pagaralam dapat berupa tanah bangunan, dimana pada 2013 lalu sudah terinventarisir aset daerah sebanyak 6 Persil yang berhasil dibuat,” terangnya.

Sambung Fahrurozi, agar seluruh aset daerah dapat dilegalisasi kedepan akan dilakukan pendataan kembali, aset daerah mana saja yang belum memiliki status yang belum jelas atau sertifikat yang sah, baik itu yang dimiliki Pemerintah Kota Pagaralam ataupun dari hibah masyarakat sendiri.

“Berbagai aset daerah yang dimiliki pastinya akan dikelola oleh Pemerintah itu sendiri, yang nantinya bermuara untuk pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (08/CE-V)

 

 

Previous Wako Narasumber Rakor Penyusunan Perda Pengelolaan Sampah
Next Lurah Imiliano Checking Kesiapan TPS