Desak Pengrusak Tanaman Cantigi Ditindak


Foto : ist DIRUSAK : Aksi pengerusakan tanaman Kayu Panjang Umur (Cantigi) yang habitat aslinya berada di kawasan puncak Gunung Api Dempo makin meluas.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Aksi pengerusakan tanaman Kayu Panjang Umur (Cantigi) yang habitat aslinya berada di kawasan puncak Gunung Api Dempo makin meluas. Bahkan terpantau, usai libur pergantian tahun, momen ramai pendakian ini menjadi kesempatan para pendaki liar membawa turun tanaman habitat asli tumbuh di pelataran puncak tertinggi di Sumsel ini.




Kepala Kesatuan Pengawasan Hutan Lindung (KPHL) Kota Pagaralam, Hetty mengakui, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan melibatkan berbagai pihak, salahsatunya para pencinta alam di Pagaralam. “Hingga saat ini, masih saja ada oknum pendaki tetap mengambil tanaman ini untuk dibawa turun,” ungkapnya.




Dia menegaskan, selama ini, untuk penindakan kepada oknumnya masih terkendala dengan prosedur. Dalam hal ini belum ada petugas berwenang, yaitu Polisi Hutan (Polhut), sementara di Pagaralam sendiri belum ada. “Sejauh ini telah ada Petugas Gakkum (penegakan hukum) KehutananAakan kita koordinasikan kepada Gakkum untuk menindaklanjuti setiap temuan pelanggaran di kawasan hutan lindung, termasuk yang ada di Pagaralam,” kata dia.




Terpisah, Sekjend Forum Pencinta Alam (Forpa) Besemah Kota Pagaralam, Arindi AR menyayangkan, hal ini juga dipicu karena tidak adanya peraturan atau sanksi tegas dari pemerintah melalui dinas terkait tentang sanksi bagi mereka (pendaki) yang melakukan pengambilan pohon kayu panjang umur. “Padahal dalam beberapakali pertemuan selalu kita suarakan kepada pemerintah, agar dapat mengeluarkan peraturan serta sanksi tegas kepada pendaki. Namun, sampai sekarang belum juga ada,” pungkasnya. (06/CE-V)

Previous Keturunan ke-7 Simpan Kitab Kaghas
Next Perlu Kelengkapan Fasilitas Objek Wisata