Dedi Irawan Gumay (Anggota F-PKS DPRD Pagaralam) : Politik Adalah Alat Perjuangan


Foto : Ist WAKIL RAKYAT : Dedi Irawan Gumay (dua dari kiri) bersama istri dan keluarga jelang pelantikan 26 Agustus 2019.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Ia lama menekuni pelbagai usaha dagang di kaki lima. Ini membuatnya sering mendengar keluh kesah rakyat kecil. Ia pun memutuskan untuk terjun ke dunia politik praktis untuk memperjuangkan keluh kesah masyarakat itu.

“Salahsatu alasan saya masuk ke dunia politik praktis adalah untuk memperjuangkan rakyat. Wadahnya adalah parlemen dalam hal ini DPRD Pagaralam,”kata Dedi Irawan Gumay SH, anggota DPRD Pagaralam dari PAN, saat dihubungi Pagaralam Pos kemarin (27/7).

Dedi mengenang, cukup lama bergerak di dunia usaha dagang. Ia berdagang segala macam barang dengan lokasi berpindah. Karenanya Dedi mengistilahkan usahanya saat itu setara dengan pedagang kaki lima. Ini membuatnya mengenal seluk beluk dagang di kaki lima. Maka, pada Pemilu 2014, Dedi mencoba dengan nyaleg di Dapil Pagaralam Selatan dengan perahu PAN. Tujuannya untuk menyuarakan aspirasi kelompok masyarakat itu. “Kita berjuang lewat parlemen dan sesuai undang-undang,”ujarnya. Dedi terpilih dan lalu dilantik pada 25 Agustus 2014 bersama 24 anggota dewan lainnya.

Di PAN, suami Fitriani ini menjabat sekretaris DPD PAN Kota Pagaralam mendampingi Halipan Matsohan SSi sebagai ketua. Pada Pemilu 2019, Dedi kembali nyalon di Dapil dan partai yang sama. Lagi-lagi ia terpilih dan dilantik pada 26 Agustus 2019. Politisi kelahiran Pagaralam 19 September 1972 kemudian bergabung dengan Fraksi PKS (F-PKS). Ini karena jumlah kursi PAN belum mencukupi syarat untuk membentuk fraksi penuh.

Toh, Dedi tetap nyaman bergabung dengan tiga anggota DPRD dari PKS lainnya. Maka, jumlah anggota F-PKS DPRDs Pagaralam adalah empat yakni Abdul Fikri Yanto, Nopran Edwin, Firmansyah, dan Dedi Irawan Gumay. Selamat berjuang! (Pid11)

Previous Didominasi tak Gunakan Helm
Next Tak Kuat Nanjak, Truk Masuk Jurang