Dapatkan Dua Keuntungan


Foto : Ist/Pagaralam Pos SERAHKAN BENIH IKAN : Walikota Pagaralam Alpian Maskoni menyerahkan bantuan benih ikan dalam pengembangan budidaya ikan mina padi, kemarin

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH menyalurkan bantuan benih dan pakan ikan secara simbolis, kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) mina padi, dalam kegiatan pengembangan budidaya ikan mina padi di Dusun Tanjung Payang, Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pagralam Selatan, kemarin.
“Pemkot terus berupaya mendorong pembangunan ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat Pagaralam melalui berbagai bidang. Salahsatunya, ialah bidang perikanan. Diketahui, perikanan di Pagaralam sejak dahulu telah ada, dalam bentuk kearifan lokal. Saat ikan dilepaskan di lahan padi yang baru ditanami, saat padi mulai dikeringkan, ikan dipanen, jadi mendapat dua keuntungan,” ujar Kak Pian.
Ditambahkan Kak Pian, melalui sistem mina padi, petani dapat memanfaatkan lahan semaksimal mungkin, sehingga menghasilkan 2 jenis manfaat sekaligus dalam satu waktu di lahan yang sama. “Kearifan-kearifan lokal semacam ini, sekarang tengah dilirik Pemerintah, bagaimana cara meningkatkan penghasilan dan kearifan lokal tetap berjalan, yang kini terus digali pemerintah pusat, kita pun di daerah terus berupaya mengajukan usulan ke pemerintah pusat, lewat berbagai Dinas di lingkungan Pemkot Pagaralam,” sebutnya.
Sementara, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam Hj Zaitun menambahkan, penyerahan bantuan benih dan pakan ikan diterima oleh beberapa Pokdakan di Kota Pagaralam. Jumlah yang diperbantukan yakni sebanyak 160 ribu ekor ikan nila, bersumber dari APBN yang pernah diajukan Walikota Pagaralam kepada pemerintah pusat.
“Sehingga bantuan turun melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi, dibawah Direktorat Jenderak Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan. Selain itu, Pemkot juga mengucurkan bantuan benih dan pakan ikan dengan nilai mencapai Rp 788.750.000 yang diterima Pokdakan se-Kota Pagaralam,” tutupnya. (Cg09)

Previous Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Panti Asuhan
Next Tunda Kudai Keinginan Hajatan