Dapat Informasi Tim Langsung Bergerak, Panwas Hentikan Pembagian Sembako


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kota Pagaralam menghentikan pembagian Sembako di Jalan Air Perikan Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Sabtu (9/6). Panwas menganggap kegiatan yang diduga dilaksanakan tim salahsatu calon Pilkada Pagaralam 2018 ini rentan memicu kericuhan.




Ketua Panwas Kota Pagaralam, Ihwan Nopri SE menyatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi adanya pembagian sembako di Jalan Air Perikan yang diduga dilakukan tim salahsatu Calon Pilkada Pagaralam. “Begitu dapat informasi, tim langsung bergerak,” kata Ihwan, dihubungi Pagaralampos.com.




Sesampai di lokasi, Ihwan melanjutkan, pihaknya melihat adanya Sembako yang dibagi-bagikan itu. Sembako ini berbentuk gula dan minyak sayur yang dibungkus dalam kantong plastik. “Saat itu juga kami minta, pembagian ini dihentikan,” ucap Koordinator Divisi Penindakan ini.




Apakah itu pembagian Sembako itu masuk kategori pelanggaran? Ihwan belum bisa berbicara banyak. Dia menyebutkan, untuk menemukan adanya unsur pelanggaran atau tidak, perlu penelaahan lebih lanjut. “Ada yang bilang sembako untuk internal. Ada pula pula untuk masyarakat. Jadi belum jelas. Ini masih kami dalami lagi,” ujar dia.




Ditemui di kantor Panwas, Anggota Panwas Kota Pagaralam, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga menjelaskan, penghentian pembagian Sembako untuk mencegah terjadinya chaos (rusuh). “Sembako ini dibagi-bagikan di tempat umum. Kalau di Posko, tidak jadi masalah selagi itu untuk akomodasi internal bukan untuk masyarakat,” ucap Mirian.




Diakui Mirian, harga Sembako yang dibagi-bagikan itu masih di bawah Rp 25 ribu. Namun dia menyatakan, Sembako ini tak masuk dalam daftar bahan kampanye (BK) yang boleh dibuat sendiri serta disebar calon. Karena itulah, Mirian menambahkan, pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu. (11)

Previous Bukan untuk Kepentingan Pribadi, Mobdin tak Boleh di Pakai Mudik
Next Monitor Kondisi Terkini Jembatan Endikat, Dirikan Pos Pantau Kerusakan