Dana Urus Jenazah Sering Jadi Persoalan


PAGARALAM POS, Lahat – Tak jarang ditemukan mayat manusia tanpa identitas di wilayah hukum Polres Lahat. Karena pencarian identitas mayat tidak mendapatkan hasil dan tentu saja mayat tersebut harus dimakamkan, petugas kamar mayat RSUD Lahatlah yang dibebankan tugas mengurus kebutuhan jenazah, seperti kain kafan dan lainnya, hingga proses pemakaman. Tetapi dana untuk mengurus jenazah ini kerap menjadi persoalan. Hal ini seperti dikatakan seorang petugas RSUD Lahat, yang enggan disebut namanya, kemarin.

Menurutnya, anggaran untuk mengurus jenazah tanpa identitas ini sebenarnya berada di Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) Kabupaten Lahat, tetapi Dinkesos tidak menyediakan anggaran tersebut, sehingga pihak RSUD Lahat pun yang mengeluarkan dana.

Sementara itu, Kepala Dinkesos Lahat, Harinus menuturkan, memang pernah didatangi petugas pengurus jenazah RSUD Lahat. Walaupun dirinya menyatakan instansi yang dipimpinnya itu tidak menyediakan pos anggaran untuk mengurus janazah tanpa identitas.

“Kalau memang dibutuhkan, ke depan akan kami anggarkan. Saat ini memang tidak ada anggarannya. Ya, memang pernah petugas dari rumah sakit mengajukan dana mengurus kebutuhan jenazah tanpa identitas,” ujarnya. (mg21/CE-V)

#baca berita selengkapnya…terbit 31 mei 2016#

Previous Mendidik Tidak Bisa Mendadak
Next Tambang Galian C Banyak Tidak Berizin