Dana Desa Bukan Untuk Memperkaya Diri


Foto : Heru/Pagaralam Pos
SAMPAIKAN : Kasi Intel Kejari Lahat, Bani Imanuel Ginting SH, ketika memberikan penyampaian ke Kepala Desa, Selasa (13/11).

PAGARALAM POS, Lahat – Banyaknya Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat, tak heran bisa membuat Kepala Desa (Kades) jadi tergiur. Terbukti di tahun 2017 lalu, sudah ada beberapa Kades yang dipenjara gara-gara melakukan penyimpangan.




Mengantisipasi hal itu, Kejari Lahat kini sudah membentuk Tim Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), tugasnya megawasi langsung DD yang dikelola langsung Kades. Mulai dari tehnis pengelolaan, hingga ke mana arah dana itu digelontorkaan.




“Dana ini bukan untuk Kades menambah istri, atau memperkaya diri. Dana Desa ini real, tidak ada untuk saling menguntungkan,” ujar Kajari Lahat, Jaka Suparna SH MH, melalui Kasi Intel, Bani Imanuel Ginting SH, Selasa (13/11). Ketika rapat koordinasi manotoring dan evaluasi secara atas aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi, bersama sejumlah Kades di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat.




Bani mengatakan, TP4D ini sifanya fasif, hanya melakukan pengawalannya saja. Mencegah jika ada yang melenceng maka akan ada aparat hukum baik dari kejaksaan maupun dari kepolisian segera meluruskan. Supaya tidak jatuh ke jurang lebih dalam. “Bukan mencari kesalahan, tapi untuk mengingatkan agar bekerja lebih baik. Sehingga penyimpangan pengelolaan DD oleh Kades, bisa diminimalisir,” katanya.




Sementara, Kades Tanjung Telang, Kecamatan Merapi Narat, Erwan menuturkan, secara pribadi dirinya menyambut baik adanya bantuan pengawasan dari pihak Kejari Lahat. Hanya saja, kendati TP4D ini sudah lama berdirinya, dirinya maupun pemerintah desanya belum tahu betul fungsinya. Bahkan belum pernah didatangi oleh tim tersebut.
“Yang kita pertanyakan, apa sih tugas mereka itu sebenarnya untuk Desa. Apakah dalam perannya, kami yang melapor, apa mereka yang meminta laporan,” cetus Erwan. (mg02)

Previous Pencapain PAD Akan di Evaluasi
Next Sosialisasi Jangan Sebatas WA