Daftar Sekolah, Dahulukan Zona


Foto: Pidi/Pagaralam Pos
PERPISAHAN: Kepala SMPN 3 Agussamsul Bahri melepas selendang sebagai simbol melepas siswa kelas IX kepada orangtua/walinya kemarin.
PAGARALAM POS, Pagaralam Kepala SMP Negeri 3 Pagaralam mengimbau kepada orangtua/wali kelas IX untuk mendukung pendidikan anak-anaknya. Selepas SMP, pendidikan hendaknya diteruskan ke jenjang SMA/sederajat.  “Biarpun hasil ujian nasional (UN) belum ke luar, saat ini para siswa kelas IX sudah bisa mendaftar secara online,”ujar Agus saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan pelepasan siswa kelas IX kemarin (29/4).




Agus melanjutkan, dengan pendaftaran online, para siswa dapat berkesempatan untuk melakukan pendaftaran dengan lebih mudah. Tinggal penuhi saja syarat-syaratnya. Namun dia menghimbau, hendaknya para siswa mendaftar ke sekolah yang sesuai zonasi. Ia mencontohkan, zona SMPN 3 adalah SMAN 3, maka sisw akelas IX hendaknya mendaftarkan ke sana. “Penuhi dulu kuota di sekolah yang masuk zona,”tuturnya.




Dijelaskan Agus, pendaftaran sekolah berbasis zona dimaksudkan untuk pemerataan. Diharapkan ini dapat mencegah membludaknya pendaftaran siswa di sebuah sekolah. Sementara di sekolah lain minim pendaftar. “Tapi, kalau memang siswa tersebut memiliki kemampuan, diperbolehkan untuk mendaftar sekolah di luar zonanya. Tentunya melalui tes,”tambah Agus.




Ketua Komite SMPN 3 Pagaralam Rizal meyatakan mendukung penuh sistem pendaftaran sekolah per zona. Disampaikan Rizal, sistem ini dapat membuat suatu sekolah dalam zona tersebut menjadi maju dan berkembang. “Kita punya SMAN 3 sebagai zona yang kualitasnya sama dengan sekolah lain,”ujar Rizal. (11)

Previous Peringatan Kartini, Konsisten Perjuangkan Gender
Next Jelang Puasa, Hati-hati Pengedar ‘Upal’ Mulai Berkeliaran