Daftar Antrean Haji 14 Tahun


PAGARALAM POS, Pagaralam – Untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, Calon Jama’ah Haji (CJH) Kota Pagaralam yang mendaftar tahun ini, harus bersabar dan rela mengantre hingga 14 tahun kedepan. Pasalnya, sampai saat ini Kantor Kementerian Agama (Kanmenag) Kota Pagaralam mencatat daftar tunggu haji sebanyak 1.332 jama’ah, sementara untuk tahun 2015 ada sebanyak 63 jama’ah.

“Berdasarkan data haji yang berhasil kita ambil, jumlah daftar tunggu yang kita hitung secara manual ada 1.332 jama’ah, sehingga untuk daftar tunggu haji Pagaralam yang akan menunaikan ibadah haji di Mekkah, harus menunggu 14 tahun lagi atau tahun 2029 mendatang,” ujar Kakanmenag Pagaralam, Drs. H. Ramlan Fauzi MPdI, melalui Kabag TU, Drs. Ahmad Nizom, kemarin.

Penumpukan daftar tunggu haji ini kata Nizom, bukan hanya terjadi di Pagaralam saja, melainkan hampir terjadi di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) hingga Nasional, dikarenakan adanya pengurangan kuota hingga 20%. “Kuota CJH di Sumsel ada sekitar 6 ribu orang, jadi setiap daerah dibagi sesuai banyak tidaknya daerah masing-masing kabupaten atau kota,” terangnya.

Disamping itu tambah Nizom, rencana tahun 2015 ini ada sekitar 63 jama’ah, pada tahun 2016 ada 126 jama’ah dan tahun 2017 ada 73 jama’ah yang berangkat untuk menunaikan haji di tanah suci Mekkah. “Rincian jama’ah haji tahun 2015 ini, 25 jama’ah laki-laki dan 38 jama’ah perempuan,” pungkasnya. (09/CE-V)

Previous Perda Mandeg, Miras Dijual Bebas !
Next Tak Dirapikan, Lapak Dibongkar !