Daerah Sudah Siapkan Tempat Penyimpanan Vaksin


Kepala Dinkes Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini

PAGARALAM POS, Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan, semua Kabupaten dan Kota di wilayahnya sudah matang mempersiapkan kedatangan vaksin di daerahnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini, Rabu (6/1).
Lesty mengatakan, vaksin Sinovac sebanyak 30 ribu vial sudah tiba di Palembang pada 4 Januari 2021 kemarin, dan disimpan di Gudang Penyimpanan Vaksin di Palembang. Namun sampai saat ini, vaksin tersebut belum didistribusikan lantaran pihaknya masih menunggu izin penggunaan darurat dari BPOM. “Sampai sekarang semua vaksin masih ada di gudang penyimpanan vaksin di Palembang, belum didistribusikan, karena kita masih menunggu izin dari pusat. Nanti setelah ada izin, semua Kabupaten/Kota akan mengambil vaksin secara bertahap sesuai jadwal. Jadi bukan kita yang kirim namun mereka (daerah, red) yang jemput bola,” katanya.
Untuk vaksinator di Sumsel ada 2.550 orang. Dan menjelang vaksin didistribusikan ke daerah, semua kabupaten dan kota sudah memastikan adanya tempat penyimpanan vaksin khusus. “Tempat penyimpanan vaksin di daerah sudah siap,” ujar Lesty.
Lesty mengungkapkan, rencananya, untuk tahap pertama vaksin ini akan di berikan kepada 7 Kabupaten dan Kota terdekat di Palembang. Seperti, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Ogan Ilir (OI), Pali, Palembang dan Prabumulih. Pihak dari Kabupaten/Kota yang nantinya akan mengambil di provinsi. “Setelah habis 30 ribu vial ini maka akan kita pesan lagi 28 ribu vial dan akan didistribusikan lagi. Tahap pertama ini untuk tenaga kesehatan, kemudian menyusul tenaga kesehatan lainnya dan garda terdepan,” ungkapnya. (Rian20/Mg01)

Previous Nelayan Terima BSPUN * Dorong Pemulihan Ekonomi
Next Tantang 3 Klub Elite