Curi Motor Petani, Doyok Ditangkap Polisi


Foto: Jpnn Amankan: Tersangka Doyok (tengah, red), ketika diamankan petugas.
Foto: Jpnn
Amankan: Tersangka Doyok (tengah, red), ketika diamankan petugas.

PAGARALAM POS, Musi Rawas – Pelaku pencurian kendaraan bermotor di Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit Kabupaten Mura, tertangkap. Pelakunya Heri Saputra, alias Doyok (25), warga kelurahan Selangit, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura. Tersangka kerap beraksi di pagi hari dan mengintai motor para petani yang sedang menyadap karet.

Keresahan petani karet terkait aksi pencurian kendaraan bermotor di lokasi perkebunan rakyat, terjawab sudah. Pihak kepolisian Senin (12/1) mengamankan Doyok, pemuda pengangguran yang diduga sebagai salah seorang komplotan pencuri motor di wilayah Selangit – Karang Jaya dan STL Ulu Terawas.

Polisi mencurigai Doyok dan rekan-rekanya telah berulangkali melakukan aksinya. Bahkan, dalam beberapa bulan terkahir banyak laporan petani yang masuk, motifnya selalu sama. Mengintai petani yang tengah menyadap karet di kebun. Terakhirkali Doyok beraksi di Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit, Sabtu (9/1) 2016.

Korbannya Badwi (54), yang kehilangan motor supra fit warna hitam tanpa Nopol di kebunnya sendiri. Untungnya, dua rekan Badwi yang tengah menyadap karet melihat Doyok melarikan kendaraan tersebut. “Sempat dikejar tapi tersangka keburu kabur,” ungkap korban kepada pihak kepolisian.

Akhirnya korban secara resmi melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian, dengan nomor laporan 01/I/2015/ss/mura/sek.terawas, tangal 09 jan 2016. Menurutnya, kejadian serupa sudah berulangkali terjadi di wilayahnya. “Korbannya kami para petani, kejadiannya selalu terjadi saat petani menyadap karet,” tegasnya.

Kapolsek STL Terawas, Iptu Haerudin, melalui kanit Reskrim, Bripka Asri mengatakan, pihaknya langsung melakukan pengintaian dan langsung melacak keberadaan pelaku. Mendapatkan informasi dari warga dan dua orang saksi yang melihat langsung kejadian tersebut.

Pihak Polsek langsung menyergap Doyok yang tengah menuju ke arah Lubuklinggau di depan Polsek Lubuklinggau Utara. Tersangka langsung diamankan tanpa perlawanan dan dibawa ke Polsek STL Terawas untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Tersangka awalnya berkelit, tidak melakukan pencurian. Namun ada dua saksi yang melihat langsung dan mengenali tersangka,” bebernya.

Pihak kepolisian tengah melakukan pengembangan terkait kasus tersebut dan mencari barang bukti yang diketahui telah dijual kepada seorang penadah. “Kami akan kembangkan lagi, mungkin juga tersangka terlibat kasus lain. Dia ini pemain lama dan ada kelompoknya. Meskipun tidak mengaku, tapi ada saksi langsung yang melihat,” kata Kanit Reskrim Polsek Terawas. (cj13/jpnn/CE-V)

Previous Setoran Korpri Banyak Nunggak
Next Talang Sikin Butuh Listrik dan Jalan