Cik Ujang dan Haryanto Bangun Ulang Rumah Rusak


Foto : Heru/Pagaralam Pos
TINJAU : Gubernur Sumsel didampingi Bupati Lahat, ketika meninjau salahsatu lokasi di wilayah lahat yang terkena bencana alam

PAGARALAM POS,Lahat – Memasuki tahun kedua era kepemimpinannya, Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Haryanto SE MM MBA, mulai dihadapkan dengan sejumlah cobaan. Musibah bencana alam longsor dan banjir bandang, menerpa sejumlah Kecamatan di Kabupaten Lahat.

Setidaknya baru tercatat 616 rumah warga ditambah sejumlah Mushola, ikut menjadi korban bencana. Seperti kejadian banjir bandang di Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai Senin pajar (30/12) lalu. Ada 10 rumah rusak berat, 3 rumah rusak ringan, dan 1 mushola rusak berat. Gubernur Sumsel, Herman Deru bahkan turun langsung mengecek lokasi kejadian, sembari memberikan bantuan kepada korban banjir di Mulak Sebingkai.
Suasana duka masih menyelimuti warga Lahat, banjir bandang kembali membuat duka bagi warga Lahat. Banjir bandang yang terjadi Kamis pagi (9/1) lalu, menerpa ratusan rumah warga di enam Kecamatan. Kecamatan Kikim Timur jadi yang terparah.14 desa di Kecamatan Kikim Timur, merasakan dampaknya.



Sedangkan untuk Kecamatan Kota Lahat hanya satu Kelurahan. Kecamatan Merapi Barat satu desa. Kecamatan Pulau Pinang, Gumay Talang, dan Pseksu, masing-masing dua desa. Catatan sementara yang berasal dari posko di tiap kecamatan, dan BPBD Lahat. Dari 18 desa dan satu kelurahan yang dilanda banjir, ada 51 rumah rusak berat (RB red) meliputi roboh dan hanyut. 290 rumah diantaranya alami rusak sedang (RS, red), 178 rumah rusak ringan (RR, red), dan 166 rumah hanya terendam. “Untuk rumah-rumah warga yang rusak akibat banjir, akan kita bantu pembangunannya. Saya sudah berkoordinasi dengan Gubernur. Gubernur juga meminta, untuk segera mengatasi permasalahan masyarakat pasca banjir ini,” ujar Bupati Lahat, Cik Ujang SH, saat meninjau lokasi banjir di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat, Minggu (12/1).

Wakil Bupati Lahat, Haryanto meminta, para korban bencana alam harap bisa bersabar. Pemkab Lahat akan terus berupa membantu semaksimal mungkin, untuk pemulihan pasca bencana ini. Selain itu, pihaknya sejak awal kejadian bencana sudah melakukan langkah sigap bencana. Camat, Kades, Satker terkait seperti BPBD, PUPR, Dinsos, Dinkes dan lainnya, langsung digerakkan melakukan aksi cepat tanggap darurat. “Bantuan-bantuan terus kita salurkan ke korban bencana. Kita minta masyarakat korban banjir, bisa bersabar. Nanti kita sama-sama bergotong royong, saat rekonstruksi ulang rumah-rumah yang rusak oleh banjir,” ucap Haryanto, Rabu (15/1). (her18)

Previous Terima Kucuran Bangub Rp 150 M
Next Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah Panas