Cegah DBD, Intensif Berantas Sarang Nyamuk


Foto: Ist/Pagaralam Pos BERSIH SELOKAN: Puluhan anggota PBK dan Satgas Bencana BPBD Kota Pagaralam dikerahkan untuk membersihkan selokan di pinggir jalan, sebagai upaya memberantas sarang nyamuk.
Foto: Ist/Pagaralam Pos
BERSIH SELOKAN: Puluhan anggota PBK dan Satgas Bencana BPBD Kota Pagaralam dikerahkan untuk membersihkan selokan di pinggir jalan, sebagai upaya memberantas sarang nyamuk.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, hingga kini kian gencar dan secara intensif melakukan upaya membersihkan sejumlah saluran air atau selokan, yang berada di lingkungan masyarakat yang kerap dijadikan sarang nyamuk untuk berkembang biak.

“Dalam rangka meningkatkan kebersihan lingkungan serta mencegah berkembangnya penyakit DBD, kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam meningkatkan kebersihan lingkungan,” demikian disampaikan Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Tarmizi SE.

Kebersihan lingkungan yang kerap dilakukan Pemkot Pagaralam, kata Tarmizi, tidak lain agar masyarakat tidak ada yang terserang DBD. Karena penyakit DBD berasal dari jentik nyamuk yang bersarang dan berkembang biak di tempat-tempat yang dapat menampung air, baik yang kotor atau yang bersih.

“Sasaran kita dalam aksi bersih lingkungan ini, yakni seluruh saluran air yang berada di pinggiran jalan agar dapat mengalir dengan lancar, tidak ada sarang dan jentik nyamuk yang bisa berkembang biak. Karena hal itu tentu saja dapat menimbulkan penyakit,” ungkapnya.

Lebih jauh Tarmizi menerangkan, bahwa pihaknya selalu siap kapanpun dan di manapun, bila dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan kebersihan ini, sebagai upaya membantu warga dan pemerintah. “Kita juga berharap kepada masyarakat, setiapkali ada kegiatan kebersihan semacam ini kiranya dapat ikut serta terlibat dalam aksi bersih-bersih, sehingga kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan dapat terwujud,” pintanya. (09/CE-V)

Previous Babinkamibmas Ikut Berperan Ungkap Kasus Pembunuhan
Next Jalan Lahat - Pagaralam, Banyak Longsor dan Amblas