Cegah Covid-19, Jalin Kerjasama Baik Antar Instansi


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PAPARAN: Kepala UPTD Puskesmas Pengandonan, dr Dian memberikan paparan secara langsung terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kondisi pencegahan dan penanganan Covid-19, tekhusus di UPTD Puskesmas Pengandonan Kelurahan Selibar, Kecamatan Pagaralam Utara tak terlepas dari koordinasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam.

“Jadi kami di sini sebagai ujung tombak, langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dan data Covid-19 di Puskesmas Pengandonan, untuk PDP ada 1 orang yang waktu kejadian itu di bulan April 2020, itu seorang anak-anak usia 1,5 asal Jakarta, kebetulan orangtuanya itu tenaga medis, bersangkutan datang ke Pagaralam sakit dan kita rujuk ke RSUD Besemah, yang kemudian dirujuk ke Palembang,” ungkap Kepala UPTD Puskesmas Pengandonan, Rianti Zulhita ST.

Menurut Rianti, setelah mendapatkan perawatan di RS Palembang, alhamdulillah diagnosa pasien itu bukan Covid-19 melainkan penyakit asma. Kemudian untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Puskesmas Pengandonan ada 14 orang, yang semuanya sudah selesai pemantauan dan dinyatakan sehat semua. “Kemudian untuk Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPDT) itu ada 312, yang selesai dari pemantauan ada 303 orang, dan sisanya ada 9 orang. Dan ini masih dalam pemantauan. Ini kondisi yang ada di Puskesmas Pengandonan,” katanya.

Soal alur bagaimana penanganannya sendiri? Tambah Rianti, misalnya kalau ada PPDT itu laporannya dari Ketua RW, Ketua RT dan Lurah beserta Camat, yang koordinasinya sangat baik. “Semua dilaporkan ke Puskesmas, kita juga ada Tim penanganan Covid-19. Di situ ada dokter dan juga ada perawatnya,” imbuhnya.

Jadi kalau ada orang yang dari perjalanan dari daerah terjangkit, sambung Dian, Ketua RW dan Ketua RT melaporkan ke pihak Puskesmas, kemudian Puskesmas meminta nomor Hp. “Kalau ada gejala apapun, mereka bisa mengontak petugas Puskesmas Pengandonan,” tutupnya. (Cg09/Do19/CE-V)

Previous Libatkan Polres dan TNI Perketat Pengawasan
Next Siap Jalankan Tatanan New Normal