Cegah Cerai, Catin Diberikan Pembinaan


foto:ilustrasi
foto:ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna menekan angka perceraian di wilayah kerjanya, Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Kota Pagaralam melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Pagaralam Selatan memberikan pembinaan, kepada para Calon Pengantin (Catin) mendaftar di KUA.

“Sebelum pasangan Catin melangsungkan pernikahan, pada saat mereka mendaftar di KUA, petugas KUA dan penghulu, terlebih dahulu memberikan pembinaan. Hal ini ditujukan untuk menekan angka perceraian di wilayah Kecamatan Pagaralam Selatan,” ungkap Kepala KUA Pagaralam Selatan Drs Isnawi, kemarin.

Menurut Isnawi, biasanya salahsatu yang menjadi penyebab, pasangan suami isteri memilih thalak dan cerai, tak lain berlatang belakang didorong oleh faktor ekonomi, sebagai seorang kepala keluarga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mengakibatkan timbulnya gejolak dan perselisihan yang berujung kepada perceraian.

Selain itu, ketidak harmonisan hubungan suami isteri juga menjadi pemicunya. “Jadi sebagai langkah penanggulangan masalah thalak dan cerai ini, kita selalu memberikan suatu pengarahan terlebih dahulu, kepada warga yang ingin meminta thalak dan cerai, untuk dapat berpikir sebelum mengambil suatu tindakan,” terangnya.

Sambung Isnawi, untuk menekan angka perceraian ini, bila memungkinkan juga pihak KUA Pagaralam Selatan, meminta para Catin mengikuti penataran atau kursus, melalui Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4). (09)

#baca berita selengkapnya…….terbit 29 Oktober 2016#

Previous Tiga Dari Puluhan Pelaku Begal Berhasil Dibekuk
Next Guritan, Seni Sastra Lisan Besemah