Calon Sekretaris KPU Ditolak


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kabar mengejutkan datang dari proses pemilihan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam. Tiga nama calon yang diajukan, sesuai dengan rekomendasi dari Pemkot Pagaralam, yakni Hamidi Sm Hk, Najamudin SPd MM dan Marzal BA, semuanya ditolak oleh Sekretariat Jendral (Sekjend) KPU Pusat. Alasannya, tiga calon tersebut dinilai tidak memenuhi persyaratan sesuai peraturan yang ada.

Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs. HM Daud HD MM MSi, membenarkan sudah menerima surat dari Sekjend KPU Pusat. Isinya, ketiga calon tersebut tidak memenuhi persyaratan.

Persyaratan yang tak terpenuhi menurut Daud ada dua poin utama, dari tiga calon ada dua orang yang tidak memiliki jabatan. Kemudian, ada satu orang calon lagi yang pendidikan terakhirnya hanya Diploma Tiga (D3). Jika dihubungkan dengan Peraturan KPU (PKPU), tentu saja ketiga calon tersebut belum memenuhi syarat. “Dalam PKPU disebutkan, calon Sekretaris KPU Kabupaten/Kota harus memiliki jabatan struktural ketika dicalonkan. Artinya tidak boleh non job. Kemudian, dalam PKPU juga disebutkan calon Sekretaris KPU harus berpendidikan minimalnya sarjana (S-1),” terangnya.

Menindaklanjuti surat dari Sekjend KPU Pusat tersebut, KPU Provinsi meminta agar KPU Kota Pagaralam mengirimkan lagi tiga orang calon Sekretaris KPU Kota Pagaralam. Kemudian akan diverifikasi lagi oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) KPU Provinsi Sumsel. “Setelah itu diteruskan kepada Baperjakat Sekjend KPU Pusat. Barulah nanti nama Sekretaris KPU Kota Pagaralam akan diumumkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi, mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat ke Walikota Pagaralam, melalui Badan Kepagawaian Daerah (BKD). Permohonan agar Pemkot memberikan tiga nama pegawai negeri sipil (PNS) untuk dijadikan calon Sekretaris KPU Kota Pagaralam.

Terpisah, Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitriati MKes, didampingi Kepala BKD Pagaralam, Imam Pasli SSTP, MSi mengaku, akan segera mengajukan kembali tiga nama calon Sekretaris KPU Pagaralam ke Sekretariat Jendral (Sekjend) KPU Pusat. Siapa saja ketiga nama calon tersebut, masih bersifat rahasia dan tentunya mereka diajukan kembali sesuai dengan peraturan yang ada, memenuhi syarat masih menduduki jabatan eselon, minimal eselon IV dan pendidikan S1. (08/11/CE-V)

Previous 58 Orang Lulus CPNS
Next Gunung Dempo Diwarnai Angin Badai